LIBER, sirup herbal 18 bahan membebaskan Anda dari ancaman kanker dan tumor serta penyakit berat lainnya

Selama satu tahun, kami memfokuskan diri lebih mendalami bahan-bahan herbal yang mampu menyembuhkan dan juga mencegah anekapenyakit kanker. Upaya ini dimotivasi niat lebih membantu sesama yang dirundung nasib divonis menderita penyakit kanker. Orang yang divonis dokter terkena kanker, cenderung melihat dunia ini jadi gelap gulita dan tercekam rasa takut mati yang mengintip setiap saat, cepat atau lambat.

Adik kandungku sendiri, Ata Belen, meninggal karena penyakit kanker payudara. Pada waktu sakit kankernya mencapai stadium gawat, kami sedang mempraktikkan mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Ia pun mencoba terapi rebusan daun sirsak. Namun, nyawanya tidak tertolong. Belakangan baru kami tahu bahwa pengobatan kanker tidak efektif bila hanya mengandalkan satu jenis bahan herbal.

Sebelumnya, kakak kelasku di sekolah menengah dan di perguruan tinggi, Profesor Doktor Guido Tisera, menjalani terapi konsumsi rebusan daun sirsak. Terapi itu dilakukan ketika penyakit kankernya kambuh kembali, padahal sebelumnya para dokter di Guangzou, China telah menyatakan bahwa tubuhnya telah terbebas dari sel-sel kanker. Sembuh. Saking gembiranya, ia lalai. Tidak minum obat dokter lagi. Sel-sel kanker diam-diam kembali menggerogoti, sakit kankernya kambuh lagi, dan nyawanya tidak tertolong, walau mencoba terapi rebusan daun sirsak pada saat-saat sudah gawat.

Pengalaman ini memberi pelajaran bagi kami, bahwa kanker jarang sekali bisa disembuhkan bila kita hanya mengandalkan ramuan satu jenis bahan herbal.

Ternyata kanker atau “adiknya” tumor bisa menyerang siapa saja, anak-anak, orang muda, dan orang tua serta orang lanjut usia (lansia). Seorang karyawan kami, wanita yang masih belia, tiba-tiba terserang tumor getah bening. Dan, ia sembuh setelah 3 bulan mengkonsumsi sirup herbal Credo kami.

Selama kami memproduksi 7 sirup herbal, ada penderita kanker payudara, kanker rahim (serviks), dan jenis kanker lain yang sembuh setelah mengkonsumsi sirup herbal kami. Walaupun, ke-7 sirup herbal itu tidak dibuat khusus dengan tujuan membantu penderita kanker.

Karena itu, kami mulai mengenal bahan-bahan herbal yang cocok atau relevan menyembuhkan kanker. Namun, itu saja belum cukup. Kami harus lebih jauh dan mendalam mempelajari bahan-bahan herbal lain, dan melakukan eksperimen dengan diri sendiri dan orang-orang dekat serta relasi yang bersedia.

Melalui proses panjang dan berliku, akhirnya pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, kami launch sirup herbal Liber. Nama “Liber” dipilih dari kata bahasa Latin. Dalam bahasa Latin, kata sifat liber berarti bebas, terbebas dari ancaman dan kata kerja konyungtif yang berarti: Semoga saya terbebas dari belenggu, rantai ikatan, ancaman.

Sirup herbal ini terdiri dari 18 bahan herbal alami dan mampu menyembuhkan 20 jenis kanker.

.

Apa saja motivasi kami mengembangkan ramuan herbal ini?

Inilah motivasi kami mengembangkan sirup herbal Liber yang bertujuan utama membantu penyembuhan penderita kanker.

.

Apa yang mendasari pengembangan sirup herbal Liber?

.

I HAVE A DREAM. Saya memiliki sebuah impian,

Agar suatu hari kelak, masyarakat kita kembali ke alam, back to nature, untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit-penyakit yang menakutkan.

Agar hari demi hari berlalu, bulan demi bulan berlalu, tahun demi tahun berlalu, dan masyarakat kita akhirnya sadar, bahwa anekatumbuhan di alam dan alam tubuh kita-lah yang menyembuhkan diri kita, bukan dokter.

Agar masyarakat kita makin sadar, bahwa semesta spektrum penyembuhan, ciptaan Sang Maha-Pencipta itu teramat luas.

Janganlah kita terbelenggu kepada cara-cara terbatas yang ditawarkan dunia medis modern.

Kita mesti yakin, bahwa spektrum penyembuhan alami jauh lebih luas. Tugas kita adalah melakukan inovasi melalui eksperimentasi sambung-menyambung, tak kenal henti.

Agar, sinar-sinar fajar harapan penyembuhan alami semakin sering menghangatkan hati kita, menggetarkan hati kita, menatap masa depan yang membebaskan.

.

Inilah tampilan botol Liber.

.

.

Apa saja penyebab sakit kanker?

Pengembangan ramuan herbal untuk membantu penyembuhan sakit kanker bertolak dari pengamatan yang teliti terhadap penyebab sakit kanker.

Berikut ini dikemukakan anekapenyebab sakit kanker.

.

Apa saja gejala sakit kanker?

Dalam pengembangan ramuan herbal untuk sakit kanker, perlu diamati gejala-gejala yang menyertai sakit kanker. Dengan demikian, bahan-bahan herbal yang dipilih tidak hanya mampu membongkar akar penyebab kanker dan membantu menyembuhkan penderita tetapi juga sekaligus menangani gejala-gejala sakit kanker.

Berikut ini dikemukakan anekagejala sakit kanker.

.

Paparan tiap bahan herbal yang digunakan

Berikut ini dikemukakan uraian bahan-bahan herbal yang digunakan dalam mengembangkan sirup herbal Liber.

 

1.Kenikir (Cosmos caudatus)

Tanaman kenikir

Daun kenikir

Kandungan

Kenikir terkenal mengandung artemisinin. Kenikir juga kaya vitamin A dan E serta protein, kalsium, dan magnesium.

Selain itu, kenikir mengandung vitamin C, coniferil, tokoferol, pholyphenol, hydroxiugfenol, flavonoid, pholuphenol , terpenoid, sapponin, kuersetin, lemak, karbohidrat, lactium, absinthin, anabsinthin, setidaknya 20 jenis antioksidan, seperti protosianidin, hecsamer, cuersetin glycoside, chlorogenic acid, neochlorogenic acid, kripto-chlorogenic acid, dan catcher.

Kenikir atau dalam bahasa Inggris disebut wormwood secara biologis mengandung senyawa aktif, seperti: 

  • acetylenes (trans-dehydromatricaria ester, C13 dan C14 trans-spiroketalenol ethers, dll.)
  • ascorbic acid (vitamin C)
  • azulenes (chamazulene, dihydrochamazulenes, bisabolene, camphene, cadinene, sabinene, trans-sabinylacetate, phellandrene, pinene, dll.)
  • carotenoids
  • flavonoids (quercitin 3-glucoside, quercitin 3-rhamnoglucoside, spinacetin 3-glucoside, spinacetin 3-rhamnoglucoside, dll.)
  • lignins (diayangambin dan epiyangambin)
  • phenolic acids (p-hydroxyphenylacetic, p-coumaric, chlorogenic, protocatechuic, vanillic, syringic, dll.)
  • tannin
  • thujone dan isothujone
  • sesquiterpene lactones (absinthin, artabsin, anabsinthin, artemetin, artemisinin, arabsin, artabin, artabsinolides, artemolin, matricin, isoabsinthin, dll.)

Ciri farmakologis

  • Antikanker & tumor, termasuk leukimia
  • Antibakteri, antivirus, antifungus, antiparasit.
  • Antioksidan
  • Antikoagulan atau antibeku darah dan antiplatelet (terkumpulnya trombosit darah)
  • Antiradang
  • Pembersih racun
  • Antihipertensi atau darah tinggi.
  • Antialergi
  • Meningkatkan imunitas tubuh

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa kenikir dapat menyembuhkaan kanker payudara, kanker serviks atau rahim, kanker usus, kanker leukemia, kanker paru-paru, kanker otak, kanker prostat, kanker pankreas, kanker tulang, kanker ginjal, kanker liver, kanker mulut, kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker kulit.
  • Selain zat-zat tersebut di atas, daun kenikir juga mengandung sapponin dan terpenoid yang menyerang kanker. Daun kenikir menyerang sel-sel kanker payudara, kanker perut, dan kanker liver.
  • Sel-sel kanker sering kaya zat besi, dan artemisinin pada kenikir dapat membunuh sel-sel kanker payudara yang kaya zat besi seperti kenikir membunuh parasit penyebab malaria. Temuan ini telah ditemukan sejak tahun 1997 oleh Dr. Zhenxing Wei.
  • Dr Das melaporkan dalam sebuah artikel tahun 2015 bahwa artemisinin dan turunan atau derivatifnya efektif melawan 55 garis sel kanker yang berdampak menghambat kanker pankreas, kanker tulang, kanker paru-paru, kanker usus, kanker kulit, kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker sistem saraf pusat atau kanker otak, kanker getah bening, leukemia (kanker darah), dan kanker ginjal. Studi lain menambahkan kemampuan kenikir membunuh sel kanker perut.

Untuk penyakit-penyakit lain:

Meningkatkan sistem imunitas tubuh karena kaya vitamin A dan E yang merupakan bahan untuk pemulihan tubuh. Kandungan protein mendukung dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan vitamin C membantu meningkatkan metabolisme ke kondisi puncak.

Menguatkan kerangka tubuh: Mineral kalsium dan magnesium pada daun kenikir meningkatkan sistem kerangka tubuh.

Menambah nafsu makan karena kandungan kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak. Bila dimakan 3 x seminggu, daun kenikir mampu memulihkan stamina orang yang baru sembuh dari sakit.

Mengatasi masalah napas berbau. Ciri antibakteri dan kuman daun kenikir terhadap makanan yang kita makan. Kandungan coniferil mampu membersihkan kuman di area lidah dan liur yang menyebabkan napas berbau.

Membantu menyembuhkan tukak lambung. Kenikir mengandung tokoferol, pholyphenol, dan hydroxiugfenol yang mampu menetralisasi kadar asam lambung. Kenikir juga menguatkan otot sphingter (otot berbentuk lingkaran yang mengonrol aliran air seni (urin).

Membantu menguatkan lemah jantung. Zat flavonoid dan antioksidan pada kenikir amat membantu memulihkan sel-sel rusak pada organ jantung. Juga, membantu memperlancar aliran darah dengan memperkuat pembuluh arteri dan otot-otot jantung.

Membantu menyembuhkan penyakit gondong (parotitis atau mumps, yaitu penyakit menular karena terinfeksi virus paramyxovirus, yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah). Pholuphenol dan tokoferol membantu menyembuhkan radang sakit gondong.

Membantu menyembuhkan radang payudara ibu menyusui. Kandungan terpenoid dan kandungan antiradang pada daun kenikir membantu mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan radang payudara.

Mendukung cuci darah tradisional karena daun kenikir membantu membersihkan darah dan menetralisasi racun dan dengan demikiran membantu kinerja liver dan ginjal. Kandungan vitamin E, antioksidan, dan flavonoid pada daun kenikir mampu berperan sebagai sistem detoksifikasi (pembersihan racun) alami.

Menyembuhkan sakit malaria karena kandungan artemisinin pada kenikir efektif melawan parasit malaria, karena ia bereaksi dengan kadar tinggi zat besi dalam parasit untuk menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini menghancurkan dinding sel parasit malaria.

Kenikir membasmi cacingan, terutama cacing kremi dan cacing gelang. Telur cacing kremi menyebar langsung dari orang ke orang. Cacing gelang adalah parasit yang juga menginfeksi usus manusia. Cacing kremi dapat menyebabkan gatal ekstrem di daerah anus sementara cacing gelondongan dapat menyebabkan batuk, sesak napas, sakit perut, mual dan diare, darah dalam tinja, penurunan berat badan, dan keluarnya cacing dalam muntah atau tinja.

Kenikir dapat menyembuhkan penyakit Crohn’s (radang usus) karena dapat menurunkan atau menghilangkan kebutuhan steroid pada tubuh penderita penyakit Crohn’s. Selain itu, hasil studi menunjukkan, kenikir menghasilkan dampak positif terhadap mood dan kualitas hidup, yang tidak dicapai pengobatan standar penyakit Crohn’s.

Menyerang bakteri E coli yang menyebabkan anekagangguan, mulai dari diare sampai dengan infeksi saluran kemih, dari pneumonia (infeksi paru-paru) sampai dengan penyakit lain. Menyerang bakteri salmonella yang menyebabkan penyakit dan gangguan akibat makanan. Menyerang pertumbuhan candida albicans yang mengakibatkan infeksi pada mulut, saluran usus, dan vagina serta merusak kulit dan membran mukosa (lapisan daerah tubuh yang terpapar lingkungan luar, seperti lubang hidung, bibir, kelopak mata, telinga, area genital, dan anus; dan organ dalam, seperti organ pada saluran kencing, saluran pencernaan, dan saluran pernapasan).

2. Kunyit (curcuma longa, bahasa Inggris: turmeric)

Kunyit

Kandungan

Kunyit mengandung curcumin sebagai satu jenis polifenol, suatu substansi aktif dan minyak esensial.

Ciri farmakologis

  • Antikanker & tumor
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiseptik atau penangkal infeksi
  • Antiradang
  • Antiartritis
  • Pelindung liver
  • Antialergi
  • Pemurni darah
  • Pembersih racun tubuh
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Analgesik, hilangkan rasa sakit
  • Hentikan pendarahan, styptic

 

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa kunyit dapat menyembuhkaan beragam jenis kanker, yaitu kanker payudara, kanker serviks atau rahim, kanker usus, kanker leukemia, kanker otak, kanker prostat, kanker pankreas, kanker tulang, kanker ginjal, kanker liver, kanker mulut, kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker kulit.
  • Dari semua jenis kanker tersebut, tampaknya kunyit terutama dapat menyembuhkan kanker, terutama kanker prostat, kanker testis, dan kanker prankreas.
  • Sebuah penelitian oleh UCLA yang menunjukkan bahwa kunyit secara alami dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, setidak-tidaknya 9 penelitian mengungkapkan bahwa kunyit dapat mengurangi ukuran tumor sebesar 81%.
  • Sejumlah studi laboratorium terhadap sel-sel kanker menunjukkan bahwa kunyit memiliki dampak antikanker, dengan menyerang sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhannya. Tampaknya kunyit amat efektif membunuh sel-sel kanker payudara, usus, perut, dan kulit.
  • Kunyit dikombinasi dengan artemisinin pada daun kenikir meningkatkan kemampuan artemisinin membasmi sel-sel kanker.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Membantu membebaskan pasien cuci darah dari radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi kerusakan tisu ginjal yang masih berfungsi. Karena itu, pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi kunyit.
  • Memurnikan darah dan membersihkan racun dalam darah, terutama di ginjal.
  • Mengatasi rasa gatal yang disebabkan pruritus uremik atau pruritus ginjal yang biasa dialami penderita gagal ginjal kronis. Kunyit yang berciri antibakteri dan anti-infeksi juga mempercepat proses penyembuhan kulit gatal penderita gagal ginjal yang sakit diabetes karena biasanya kulit gatal itu sulit disembuhkan.
  • Membantu pasien cuci darah menyembuhkan penyakit usus dan merosotnya nafsu makan karena kunyit membantu mengatasi beragam jenis penyakit perut dan membantu membersihkan racun dalam tubuh (detoksifikasi) sehingga nafsu makan meningkat.
  • Mencegah dan mengurangi volume batu empedu, bisa sampai 45% dalam lima minggu.
  • Menyembuhkan luka.
  • Efektif melawan dan mengatasi beragam nyeri, seperti nyeri belakang, nyeri pinggang, nyeri otot, dan nyeri kaki.
  • Meningkatkan kesehatan seluruh tubuh dan menormalkan tekanan darah.
  • Meningkatkan tekanan darah penyandang darah rendah karena kemampuan kunyit sebagai perangsang nafsu makan dan perangsang pencernaan, membereskan sistem gastrointestinal, yaitu kerongkongan, perut, usus kecil, usus besar, dubur, dan organ pencernaan lain, liver, kandung empedu, dan pankreas, dan menormalkan metabolisme.
  • Mengatasi permasalahan organ pencernaan, seperti masalah liver, kandung empedu, penyakit kuning, dan gangguan pankreas.
  • Membantu menyembuhkan sakit jantung.
  • Karena ciri antiradangnya, kunyit memperkuat tulang dan tulang rawan.
  • Membantu menyembuhkan katarak.
  • Membasmi cacing perut.
  • Menyembuhkan anemia (kurang darah).
  • Mengatasi obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Menyembuhkan sakit radang kandung kemih.
  • Mengatasi masalah pencernaan gastro, seperti rasa mulas, sakit perut, diare, gas usus, perut kembung, penyakit radang usus, hilangnya nafsu makan, sakit asam lambung.
  • Menyembuhkan penyakit Crohn’s.
  • Mengatasi masalah paru-paru, seperti bronchitis, flu atau pilek, dan pneumonia (infeksi paru-paru).
  • Membantu menyembuhkan penyakit kusta.
  • Mengatasi masalah haid.
  • Menyembuhkan penyakit Alzheimer.
  • Membantu mengatasi depresi.
  • Menyembuhkan dan mencegah terulangnya berbagai jenis artritis, seperti osteoartritis, artritis rheumatoid, dan artritis asam urat. Mengenai asam urat, kunyit dapat menghambat produksi dan keluarnya enzimoksidasi xanthine yang berperan penting dalam pembentukan asam urat. Mekanisme kerja kunyit dalam mengatasi artritis asam urat sama dengan mekanisme kerja obat dokter yang digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
  • Kunyit memicu kelenjar adrenal (kelenjar endokrin pada puncak ginjal) untuk memproduksi dan mengeluarkan jumlah besar kortison (hormon steroid). Kortison berperan amat penting dalam pengurangan dan penyembuhan radang. Akibatnya, ada pengurangan stress oksidatif yang selanjutnya menurunkan jumlah asam urat dalam darah.
  • Mekanisme antiradang dan antioksidan kunyit dalam mengatasi artritis asam urat mirip dengan mekanisme mengatasi semua jenis artritis yang lain.
  • Mengatasi radikal bebas yang diproduksi sel-sel dan tisu yang terluka. Juga mengatasi logam seperti tembaga dan besi.
  • Menghilangkan gejala artritis asam urat (gout), termasuk rasa sakit, kulit yang memerah, rasa panas mendadak, dan nyeri sendi.

3. Daun sukun (Artocarpus altilis)

.

.

Kandungan

Sukun mengandung zat phenolic, termasuk flavonoid, stilbenoid, arylbenzofurons, dan lektin jacalin.

Daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, potasium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol.

Ciri farmakologis

  • Antibakteri, antivirus, antifungus, antiparasit.
  • Antiplatelet (terkumpulnya trombosit).
  • Antikoagulan atau antibeku darah dan antiplatelet (terkumpulnya trombosit darah)
  • Pembersih racun.
  • Antihipertensi atau darah tinggi.
  • Antitumor dan antikanker, termasuk leukemia.

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis kanker, seperti kanker usus dan anus, perut, prostat, payudara, ginjal, liver, otak, paru-paru, rahim, kandung kemih, kulit, dan pankreas.
  • Sebuah studi di Taiwan menemukan, sukun berpotensi signifikan memerangi kanker kulit melalui menurunkan jumlah, ukuran, dan keganasan kanker kulit.
  • Kandungan kaya nutrisi sukun berkhasiat menyembuhkan kanker pankreas. Kanker pankreas ternyata tidak rentan terhadap “lapar nutrisi” seperti jenis kanker lain. Karena itu, dalam membunuh sel-sel kanker hendaknya dicegah agar sel-sel kanker tidak menarik nutrisi dari pembuluh darah dan sel-sel terdekat. Sebuah studi tahun 2014 yang menyelidiki dampak ekstrak daun sukun menemukan bahwa senyawa kimia pada daun sukun memiliki kemampuan meracuni sel-sel kanker pankreas, yang dikenal dengan nama PANC-1, dalam kondisi kekurangan gizi. Sebuah studi lain di Asia yang diterbitkan di American Journal of Chinese Medicine mempelajari efek ekstrak dari tanaman sukun pada sel kanker liver. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun sukun mematikan sel-sel kanker liver.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Daun sukun mengatasi permasalahan ginjal karena mengandung saponin, polyphenol, asam hydrocyanic, potasium, acetylcholine, tannin, riboflavin.
  • Daun sukun mampu menurunkan kadar serum dan kreatinin dalam darah sebagai indikator kesehatan ginjal dan memulihkan struktur ginjal.
  • Kandungan potasium (kalium) pada daun sukun berkhasiat meluruhkan batu ginjal.
  • Menyembuhkan sakit liver.
  • Menyembuhkan sakit artritis, asma, nyeri punggung, demam, asam urat, dan sakit gigi, diare, dan sakit perut.
  • Menyembuhkan penyakit kulit, seperti ruam kulit, gatal-gatal, dan iritasi kulit, infeksi kulit, bisul, luka bakar, infeksi telinga, herpes, sakit mata atau mata yang lelah, dan sariawan. Getah buah sukun dioles pada kulit untuk patah tulang, keseleo, dan rasa linu pada panggul.
  • Menyembuhkan sakit darah tinggi dengan mengurangi denyut jantung dan mengurangi kekuatan kontraksi jantung.
  • Menurunkan kadar gula darah yang tinggi.
  • Menyembuhkan sakit jantung melalui melindungi jantung dan menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta.
  • Membantu pencernaan dan metabolisme.
  • Memuluskan kulit.
  • Mencerahkan suasana hati, menenangkan pikiran, meningkatkan vitalitas. Menyembuhkan peradangan dan nyeri, alergi, kejang-kejang, dan mengurangi pembengkakan.

4. Kelor (Moringa Oleifera)

.

Kelor (nama ilmiah: Moringa Oleifera)

Kandungan

Kelor kaya vitamin A and vitamin C, kalsium

Kandungan gizi kelor:

7 x vitamin C pada jeruk

4 x calcium (kalsium) pada susu

4 x vitamin A pada wortel

2 x protein pada susu

3 x potasium pada pisang

9 x protein pada yogurt

25 x besi pada bayam

.

.

.

.

.

National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Kelor itu mengandung zat gizi atau nutrisi yang luar biasa sehingga direkomendasikan Badan Pangan Sedunia (WHO) menjadi makanan bagi penduduk negara-negara sedang berkembang untuk mengatasi kekurangan gizi dan gizi buruk. Alasan lain WHO adalah potensi kelor menyembuhkan sekitar 300 penyakit.

.

Versi lain kehebatan kandungan kelor

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Antibakteri
  • Antiradang
  • Antikerjang
  • Antiseptik atau penangkal infeksi
  • Antiartritis
  • Pelindung liver
  • Antialergi
  • Pemurni darah
  • Pembersih racun tubuh
  • Antibakteri, antivirus, antifungus, antiparasit.
  • Antiplatelet (terkumpulnya trombosit).
  • Antihipertensi atau darah tinggi
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa kelor dapat menyembuhkan beragam jenis kanker, yaitu kanker payudara, kanker serviks atau rahim dan ovarian (indung telur), kanker leukemia, kanker otak, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker tulang, kanker liver, kanker getah bening, kanker kulit, kanker perut, dan kanker testis.

 

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Meningkatkan fungsi normal ginjal dan liver (hati).
  • Kelor yang kaya vitamin A dan vitamin C amat berguna bagi pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah karena sering mereka mengalami keterbatasan diet, kekurangan gizi.
  • Kelor amat kaya kalsium. Ginjal berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit dan bila ginjal gagal bekerja dengan tepat, kadar fosfor dalam darah mudah meningkat. Kandungan fosfor yang tinggi menurunkan kadar kalsium dalam darah sehingga dapat menyebabkan beragam masalah tulang, seperti nyeri tulang dan patah tulang. Susu itu amat kaya kalsium tapi kandungan kalsium pada daun kelor lebih tinggi daripada dalam susu. Karena itu, konsumsi kelor amat bermanfaat bagi pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah.
  • Membangun pembentukan darah dan membersihkan atau memurnikan darah.
  • Kelor membantu pencegahan anemia (kurang darah) karena kelor kaya zat besi (iron) . Anemia adalah suatu komplikasi yang umum bagi yang gagal ginjal yang antara lain disebabkan oleh kekurangan zat besi.
  • Meluruhkan batu ginjal.
  • Menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh dan Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  • Membantu menyembuhkan diabetes dengan menyeimbangkan kadar gula darah.
  • Mengatasi masalah pencernaan yang biasa dialami orang yang gagal ginjal.
  • Menyembuhkan penyakit liver, hepatitis, bahkan gagal liver karena telah mencapai tahap sirosis hati.
  • Menyembuhkan disentri, katarak, keracunan arsenik dan keracunan logam berat.
  • Menormalkan molekul otak seperti norepinephrine, serotonin, dan dompamin, bahkan membantu penyembuhan penderita Alzheimer.
  • Karena kaya kandungan vitamin E dan C, kelor menyerang oksidasi yang mengakibatkan degenerasi neuron otak, meningkatkan fungsi otak. Kelor juga mampu menormalkan serotonin neurotransmitter, dopamin, dan noradrenalin dalam otak, yang memainkan peran kunci dalam ingatan, mood, fungsi oran, response terhadap stimulus, seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental, seperti depresi dan psikosis.
  • Menyembuhkan ambeien (wasir).
  • Mengatasi masalah pencernaan, menyembuhkan keluhan perut dan alergi rhinitis (hay fever dengan gejala suka sering bersin, hidung tersumbat, meler, dan tekanan sinus).
  • Meningkatkan metabolisme tubuh dan menyembuhkan penyakit metabolisme.
  • Menyembuhkan disfungsi ereksi atau impotensi.
  • Menyembuhkan kram, kepala sakit, dan sakit gusi.
  • Memperkuat kemampuan mata dan menyegarkan mata.
  • Menyembuhkan sakit empedu.
  • Mengatasi masalah pernapasan.
  • Karena kelor amat kaya vitamin E dan C untuk melawan oksidasi yang mengakibatkan regenerasi (penurunan) fungsi otak, kelor berguna meningkatkan fungsi otak.
  • Kelor mampu menormal neotransmitter otak: serotonin, dopamin, dan noradrenalin dalam otak, yang berperan kunci dalam ingatan, mood, fungsi organ, response (tanggapan) terhadap stimulus, seperti stress dan kesenangan, dan gangguan mental seperti depresi dan psikosis.
  • Kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif berkat aktivitas antioksidan dan peningkat fungsi otak.
  • Kelor menormalkan molekul otak seperti norepinephrine, serotonin, dan dompamin, bahkan membantu penyembuhan penderita Alzheimer.
  • Menyembuhkan penyakit paru-paru.
  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh.
  • Meningkatkan stuktur sel tubuh.
  • Membuat awet muda, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, memperindah kulit.
  • Meningkatkan energi dan stamina tubuh serta memelihara sistem imunitas tubuh.
  • Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan.
  • Memberi perasaan sehat secara menyeluruh.
  • Menurunkan berat badan bagi penyandang obesitas atau orang yang kelebihan berat badan.

Anekapenyakit lain yang dapat disembuhkan kelor, antara lain:

  • AIDS
  • Andropause
  • Anemia kekurangan zat besi
  • Anorexia Nervosa
  • Artritis rheumatoid
  • Artritis rheumatoid remaja
  • Asam lambung (Acid Reflux Disease atau GERD)
  • Asma
  • Aspergers Syndrome
  • Autisme
  • Batu empedu
  • Bayi premature
  • Bekas luka
  • Berak darah
  • Bipolar Disorder (BD)
  • Body Dysmorphic Disorder (BDD)
  • Cacar
  • Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD)
  • Deep Vein Thrombosis (DVT)
  • Dehidrasi
  • Demam kuning
  • Demam rematik
  • Depresi
  • Detoksifikasi logam berat, racun atau toksin, polutan, limbah kimiawi, obat yang harus mendapatkan resep dokter, kelebihan atau mabuk alkohol.
  • Diabetes mellitus yang bergantung kepada insulin
  • Diabetes remaja
  • Diare
  • Disfungsi ereksi
  • Disleksia
  • Disleksia (gangguan atau kesulitan belajar membaca atau menafsirkan kata, huruf, dan symbol-simbol lain, tapi tidak mempengaruhi inteligensi umum)
  • Diverticulitis
  • Eksem
  • Endometriosis
  • Epilepsi
  • Fibromyalgia
  • Gagal jantung kongestif (Congestive Heart Failure, CHF)
  • Gangguan kecemasan umum (Generalized Anxiety Disorder, GAD)
  • Gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder)
  • Gangguan kepribadian jamak (Multiple Personality Disorder)
  • Gangguan kepribadian narsistik (Narcissistic Personality Disorder)
  • Gangguan makan
  • Gangguan mata
  • Gangguan telinga
  • Gangguan tidur, insomnia
  • Gatal-gatal
  • Gegar otak
  • Glomerulonephritis (Nephritis)
  • Gonorrhea
  • Gynecomastia
  • Herpes alat kelamin
  • Hilang ingatan
  • Hilang pendengaran
  • Hipertiroid (kelebihan tiroid)
  • Hipoteroid (kekurangan tiroid)
  • Infectious Mononucleosis (Glandular Fever)
  • Infeksi ragi (candidiasis)
  • Infeksi sinus
  • Influenza
  • Jerawat
  • Kecemasan social
  • Keguguran
  • Keidaksuburan
  • Kejang atau kram otot
  • Kelebihan kalium
  • Kelelahan
  • Kelelahan adrenal (adrenal fatique)
  • Kelelahan otot
  • Kencing berdarah disfungsional (Dysfunctional Uterine Bleeding, DUB)
  • Kerusakan gigi
  • Ketombe
  • Kista rahim atau kista ovarium
  • Komplikasi menopause
  • Konyuntivits (Pink Eye)
  • Kurap, kudis
  • Kutil
  • Kutil kelamin
  • Luka bakar
  • Lupus
  • Malaria
  • Mendengkur
  • Mesothelioma
  • Migren
  • Mules-mules
  • Napas berbau (halitosis)
  • Ngompol
  • Nyeri leher
  • Nyeri punggung
  • Nyeri sendi
  • Nyeri tumit
  • Obesitas
  • Obsessive Compulsive Disorder (OCD)
  • Osteoartritis
  • Osteomyelitis
  • Osteoporosis
  • Parkinson
  • Pembersih, pemurni sel
  • Penyakit autoimun (lebih dari 88 penyakit). Sistem autoimun yang sehat melindungi tubuh dari anekapenyakit.
  • Penyakit Crohn’s
  • Penyakit gusi
  • Penyakit kandung empedu
  • Penyakit menular seksual
  • Peripheral Artery Disease (PAD)
  • Pervasive Developmental Disorder (PDD)
  • Peyronie’s Disease
  • Pneumonia
  • Polio
  • Post Nasal Drip
  • Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)
  • Prostat yang membesar
  • Psoriasis
  • Radang tenggorokan
  • Reactive Attachment Disorder (RAD)
  • Ruam kulit
  • Schizophrenia, sakit gila
  • Sciatica
  • Serangan panik
  • Sifilis
  • Sindrom kematian bayi mendadak
  • Sindrom menjelang haid
  • Sindrom nyeri kaki (Restless Legs Syndrome, RLS)
  • Sindrom Williams
  • Sklerosis jamak
  • Staph Infection (MRSA)
  • Stroke panas
  • Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
  • TBC, tuberculosis
  • Tendonitis
  • Tiroid
  • Ulcers
  • Vertigo

 

Guna mengenal lebih jauh khasiat kelor, kunjungilah dua posting kami berikut ini:

https://sbelen.wordpress.com/2011/09/10/apa-rahasia-stamina-pemain-sepak-bola-amerika-latin-daun-kelor-merunggai-marungge/

https://sbelen.wordpress.com/2014/08/28/daun-biji-ekstrak-akar-pohon-kelor-menyembuhkan-kanker-diabetes-dan-parkinson/

 

5. Daun sirsak (Annona muricata atau Graviola)

.

.

A. Pohon sirsak. B. Daun sirsak. C. Bunga sirsak. D. Buah sirsak

Kandungan

Daun sirsak  mengandung unsur-unsur, seperti alkaloids, saponin, terpenoid, flavonoid, coumarin, dan lactone, anthraquinone, tannin, cardiac glycoside, phenol, dan phytosterol.

Zat-zat penyembuh pada berbagai bagian tumbuhan sirsak antara lain alkaloid, mega, megastigmanes, flavonol triglycosides, phenolics, cyclopeptides, dan minyak atsiri. Sirsak kaya sumber zat fitokimia asetogenik. Buah sirsak mengandung mineral utama, seperti K, Ca, Na, Cu, Fe, dan Mg yang dapat memberi nutrisi esensial bagi tubuh manusia.

Sirsak memiliki banyak zat annonacin  yang membentuk acetogenins, yang banyak diteliti karena berpotensi menyembuhkan kanker.

Sirsak kaya vitamin C dan beberapa vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niacin, dan juga mineral, seperti kalsium, fosfor, dan sedikit zat besi. Buah sirsak terdiri dari serat pulp 67.5% pulp, 20% kulit buah, 8.5% biji, dan 4% kepingan inti. Kandungan nutrisi buah sirsak dikemukakan berikut ini.

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 276 kJ (66 kcal)
Karbohidrat 16.84 g
Gula 13.54 g
Serat 3.3 g
Lemak 0.3 g
Protein 1 g
Thiamine (vit. B1) 0.07 mg (6%)
Riboflavin (vit. B2) 0.05 mg (4%)
Niacin (vit. B3) 0.9 mg (6%)
Pantothenic acid 0.253 mg (5%)
Vitamin B6 0.059 mg (5%)
Folat 14 μg (4%)
Cholin 7.6 mg (2%)
Vitamin C 20.6 mg (25%)
Kalsium 14 mg (1%)
Besi 0.6 mg (5%)
Magnesium 21 mg (6%)
Fosfor 27 mg (4%)
Potassium 278 mg (6%)
Sodium 14 mg (1%)
Zinc 0.1 mg (1%)

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Antikonvulsan atau antinyeri
  • Antiartritis (radang sendi)
  • Antibakteri, antivirus, antifungus, antiparasit
  • Antimalaria
  • Pelindung liver
  • Antidiabetes
  • Antirematik
  • Antigangguan saraf
  • Antiradang (terutama radang tenggorokan)
  • Menyembuhkan cacingan
  • Penenang
  • Antikadar gula rendah (hipoglisemia); antidiabetes
  • Antikejang
  • Antidarah rendah (hipotensi)
  • Analgesik (menghilangkan rasa sakit)
  • Antidepresi
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Hentikan pendarahan, styptic

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa sirsak dapat menyembuhkan kanker getah bening, kanker ginjal, kanker leukemia, kanker liver, kanker mulut, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker tulang, kanker usus, kanker usus.
  • Dari sekian jenis kanker tersebut, sirsak terutama dapat menyembuhkan kanker tenggorokan, usus, rahim, paru-paru, payudara, dan liver.
  • Sebuah studi berbagai sel daun sirsak yang dilakukan di India menunjukkan 80% kemampuan menghambat sel kanker. Kandungan acetogenin sirsak menghambat perkembangan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat. Ekstrak sirsak juga menghambat daya tahan hidup dan metabolisme sel-sel kanker pankreas.
  • Menurut sebuah studi di India, acetogenin pada sirsak dapat membunuh sel-sel kanker ganas pada 12 jenis kanker, termasuk kanker liver.
  • Di Amerika Selatan dan di Afrika, termasuk Nigeria, daun sirsak digunakan sebagai obat etnis guna mennyembuhkan kanker dan tumor.
  • Menekan awal pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tumor dan kanker, bahkan dengan dosis yang lebih rendah (hasil percobaan di laboratorium).
  • Sebuah studi yang diterbitkan U.S. National Library of Medicine, ekstrak daun sirsak dapat membantu mencegah kutil pada kulit, suatu penyakit yang menyebabkan tumor kulit.

 

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Daun sirsak juga digunakan untuk mengatasi gangguan kulit pada bayi.
  • Menyembuhkan beragam infeksi, termasuk infeksi parasit.
  • Buah sirsak digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan nyeri artritis, prosopalgia atau penyakit Fothergill, yaitu penyakit saraf yang dicirikan oleh rasa nyeri hebat pada wajah, berasal dari saraf trigeminus, artritis, diare, disentri, demam, malaria, rematik, bintik merah pada kulit, cacingan, dan buahnya dimakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) setelah melahirkan.
  • Buah sirsak mampu memulihkan sakit perut, rasa nyeri, demam, gangguan pernapasan, termasuk batuk-batuk. Hasil sebuah studi di Nigeria menunjukkan bahwa daun sisrsak mampu menyembuhkan keluhan pernapasan seperti asma.
  • Daun sirsak digunakan untuk menyembuhkan radang kandung kemih, diabetes, kepala sakit, insomnia, abses luka.
  • Menurut sebuah studi di Nigeria, sirsak mengandung ciri antidiabetes, menurunkan kadar gula darah. Ekstrak daun sirsak terbukti menghamat dan bahkan mencegah kerusakan oksidatif liver pada penderita diabetes.
  • Dalam sebuah penelitian di Brazil, daun dan jus sirsak mengatasi peradangan akibat gigitan ular. Penelitian di Amerika Selatan dan wilayah tropis Afrika menunjukkan kemampuan akar, kulit kayu, dan daun sirsak menyembuhkan peradangan, termasuk radang sendi. Sirsak juga dikenal menimbulkan efek analgesik (menghilangkan rasa nyeri).
  • Tumbuhan sirsak di Afrika digunakan untuk menyembuhkan batuk-batuk, rasa nyeri, dan penyakit kulit.
  • Di India buah dan bunga sirsak digunakan untuk mengatasi katarak, sedangkan akar batang dan daun digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan dan cacingan.
  • Di Malaysia daun sirsak digunakan untuk mengatasi kondisi pingsan.
  • Daun, batang, dan akar pohon sirsak digunakan untuk mengatasi radang, kadar gula darah yang rendah (hipoglisemia), sebagai zat penenang, relaksasi otot, penyakit darah rendah, berdampak antikejang.
  • Meningkatkan kesehatan mata.
  • Daun sirsak digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung, penyakit kulit seperti eksem, dan gangguan yang berhubungan dengan imunitas tubuh yang rendah.
  • Meningkatkan kesehatan mata. Ciri antioksidan sirsak, terutama vitamin C dan E, seng, dan beta karoten, ternyata mampu menurunkan risiko penyakit mata. Antioksidan juga mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula terkait usia.
  • Membantu mengatasi sakit ginjal dan liver menurut sebuah studi di Malaysia.
  • Sebuah laporan studi oleh University of Connecticut, sirsak luas digunakan untuk mengatasi stres dan depresi.
  • Meningkatkan kesehatan asam lambung karena ciri antioksidan dan antiradang sirsak.
  • Walaupun kandungan zat besi pada sirsak hanya sedikit tapi dapat membantu menyembuhkan anemia yang disebabkan oleh masalah asam lambung.
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Sebuah studi di Korea menunjukkan bahwa daun sirsak dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sirsak juga kaya ascorbic acid (vitamin C) yang memperkuat dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebuah laporan studi pada sebuah jurnal yang diterbitkan The University of West Indies menunjukkan bahwa sirsak yang dimakan para pasien berbagai jenis kanker membantu meningkatkan imunitas tubuh mereka.
  • Menghilangkan rasa sakit karen bekerja sebagai analgesik atau penghilang rasa nyeri. Menurut U.S. National Library of Medicine, sirsak dapat bekerja sebagai agen analgesik.
  • Mengobati demam. Buah sirsak secara tradisional digunakan untuk mengobati demam. Di Afrika minuman daun sirsak digunakan untuk mengendalikan gejala-gejala demam dan nyeri. Demikian juga, buah sirsak digunakan untuk mengatasi demam pada anak-anak.
  • Sebuah studi di India menunjukkan bahwa buah sirsak dan jus buah sirsak tidak hanya mengatasi demam tapi juga menyembuhkan diare dan disentri.
  • Mengendalikan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan antioksidan phenol pada buah sirsak membantu mengatasi darah tinggi menurut hasil sebuah studi di Nigeria, Afrika. Hasil sebuah studi di Indonesia menunjukkan bahwa kandungan nutrisi yang baik pada sirsak membntu menurunkan tekanan darah pada manusia.
  • Membantu menyembuhkan rematik. Berbagai studi menunjukan bahwa minuman daun sirsak membantu menyembuhkan rematik. Di Afrika buah sirsak mentah yang belum masak digunakan untuk mengobati rematik dan sakit artritis. Demikian juga daun sirsak yang ditumbuk digunakan untuk mengobati rematik. Kandungan anthocyanin, tannin, dan alkaloid pada sirsak menunjukkan dampak antirematik.
  • Daun sirsak menyembuhkan penyakit ambeien atau wasir melalui menghentikan pendarahan pada anus dan merilekskan otot pada anus sehingga mengurangi pembengkakan sekitar anus.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Mencegah dan menghilangkan jerawat.

 

6. Jintan hitam atau habbatussauda (Nigella Sativa; bahasa Inggris: black seed)

Jintan hitam (habbatussauda)

Kandungan

Jintan hitam mengandung minyak atsiri yang berisi komponen utama thymoquinone, kaya kandungan protein, mineral, alkaloids, saponin, karbohidrat, dan lemak. Hampir semua isi lemaknya dalam bentuk asam lemak omega 3 dan omega 6 yang amat penting untuk kesehatan menyeluruh dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Juga mengandung sekitar 15 asam amino, elemen amat penting protein, 9 dari jumlah itu adalah asam amino esensial.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Pelindung ginjal
  • Antibakteri, virus, jamur
  • Antioksidan
  • Antiradang
  • Tonik liver dan pelindung liver
  • Analgesik atau penghilang rasa sakit
  • Pelindung lambung dari asam lambung
  • Perangsang nafsu makan
  • Penurun panas
  • Pengatur zat dan regenerasi sel
  • Pengatur tekanan darah
  • Antihipertensi atau darah tinggi
  • Pengatur lemak
  • Pelancar sirkulasi darah
  • Pelancar pencernaan dan metabolisme
  • Penangkal / pembersih racun
  • Antidiare
  • Peningkat autoimunitas tubuh
  • Peningkat energi aau stamina
  • Pengontrol gula darah; antidiabetes
  • Pengatur aktivitas saraf
  • Pembangun otot dan tulang
  • Antiobesitas
  • Karminatif (mengeluarkan udara)
  • Diuretik (mempelancar air seni)
  • Penyembuh sakit kulit

Khasiat

  • Habbatussauda atau jintan hitam digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit sejak zaman dulu di Timur Tengah, jauh sebelum Masehi, bahkan pada zaman raja-raja Firaun di Mesir. Dalam kubur Firaun Tutankhamen ditemukan habbatussauda atau jintan hitam. Walaupun peran jintan hitam dalam kebudayaan Mesir kuno itu tidak kita ketahui, kita tahu bahwa bahan dan barang-barang yang dimasukkan ke dalam makam raja dipilih secara teliti untuk membantu arwahnya dalam kehidupan akhirat.
  • Tulisan awal yang merujuk kepada jintan hitam ditemukan dalam Kitab Yesaya dalam Perjanjian Lama. “Bukankah setelah meratakan tanahnya, ia menyerahkan jintan hitam dan menebarkan jintan putih, menaruh gandum jawawut dan jelai kehitam-hitaman dan sekoi di pinggirnya? …. Sebab jintan hitam tidak diirik dengan eretan pengirik, dan roda gerobak tidk dipakai untuk menggiling jintan putih, tetapi jintan hitam diirik dengan memukul-mukulnya dengan galah, dan jintan putih dengan tongkat. (Yesaya 28: 25, 27). Selain Timur Tengah penggunaan jintan hitam sebagai obat tersebar pula di India dan Pakistan.
  • Habbatussauda atau jintan hitam dianjurkan oleh Nabi Muhammad sebagai obat penyembuh penyakit. Ada sebuah hadist mengenai habbatussauda: Hendaklah kalian mengkonsumsi habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala macam penyakit kecuali kematian (HR. Al-Bukhori dan Muslim : Shohih Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215).
  • Dari bacaan kami ada pengungkapan sekitar 112 jenis penyakit yang dapat disembuhkan habbatussauda. Dari penelusuran berbagai laporan hasil riset pada Google Scholar di internet, terlihat bahwa habbatussauda mampu menyembuhkan penyakit diabetes melalui perbaikan kerusakan dan gangguan pada pankreas sebagai penghasil insulin.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa habbatussauda atau jintan hitam dapat menyembuhkan kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mulut, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker usus, kanker usus, dan adenokarsinoma (kanker yang berasal dari jaringan kelenjar).
  • Jintan hitam dinilai banyak orang sebagai ramuan herbal serius yang bisa membantu penyembuhan kanker. The U.S. Food and Drug Administration (Badan Pengawasan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, mirip BPOM Indonesia) telah memberikan 2 paten yang mengandung ekstrak jintan hitam untuk pengobatan kanker. Salah satunya adalah untuk mencegah efek samping kemoterapi dan yang lainnya adalah untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. (Paten A.S. 5.482.711 dan 5.653.981).
  • Untuk terapi tumor – Pada tahun 1991, berbagai studi di Amala Cancer Research Centre, Kerala, India, menunjukkan bahwa jintan hitam memiliki khasiat sebagai agen kemoterapi. Pada tahun 1997 di Cancer Research Laboratory of Hilton Head Island, South Carolina, Amerika Serikat, ditunjukkan bahwa minyak jintan hitam memperlihatkan sukses luar biasa dalam terapi tumor tanpa efek samping negatif kemoterapi. Para peneliti terpana menemukan bahwa minyak jintan hitam mampu meningkatkan pertumbuhan sel sumsum tulang sebesar 250% dan menghambat pertumbuhan tumor hingga 50%. Hal ini merangsang sel kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi interferon yang melindungi sel-sel dari dampak virus yang menghancurkan.
  • Pada tahun 2003, di Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan, diteliti aktivitas antijamur, khususnya jamur Candida dan antibakteri jintan hitam. Penelitian ini menunjukkan kehebatan jintan hitam dalam meningkatkan imunitas tubuh yang dapat mendeteksi sel-sel kanker dan menghancurkannya.
  • Kanker payudara: Pada tahun 2003, di Jackson State University, AS, para dokter meneliti efektivitas jintan hitam dalam mencegah kanker. Mereka memaparkan ekstrak jintan terhadap sel-sel kanker payudara dan ternyata sel-sel kanker itu dinonaktifkan. Mereka menyimpulkan bahwa jintn hitam menunjukkan prospek yang menjanjikan untuk mencegah dan mengobati kanker.
  • Kanker usus: Para dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Osaka di Jepang menyelidiki penggunaan jintan hitam untuk pengobatan kanker usus besar. Studi mereka menunjukkan bahwa jintan hitam menghambat pertumbuhan kanker pada tahap awal. Selanjutnya pada tahun 2004, di American University of Beirut, Lebanon, ekstrak thymoquinone pada jintan hitam diteliti apakah mampu menghanurkan sel-sekl kanker usus manusia. Studi ini mengungkapkan potensi thymoquinone untuk mengobati kanker usus besar.
  • Studi sel-sel kanker pankreas – Dengan menggunakan sel-sel kanker pankreas manusia, Dr Arafat dan timnya menemukan bahwa dengan menambahkan thymoquinone , sekitar 80 persen sel kanker dapat dibunuh.
  • Kanker liver – Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa ketika mereka menggunakan ekstrak thymoquinone dari Nigella Sativa pada tikus-tikus yang sakit kanker, pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker secara efektif ditekan.
  • Kanker serviks atau rahim – Sebuah studi tahun 2013 berusaha menyelidiki potensi antikanker ekstrak jintan hitam. Mereka menemukan bahwa jintan hitam menghambat penyebaran sel-sel kanker serviks sebesar 88,3%.
  • Kanker otak – Ekstrak thymoquinone jintan hitam ditemukan secara selektif membunuh sel-sel kanker otak yang agresif.
  • Leukemia – Ekstrak thymoquinone jintan hitam ditemukan membunuh sel-sel kanker leukemia dalam penelitian in vitro di laboratorium.
  • Limfoma – Sel limfoma Dalton diteliti. Tikus-tikus yang telah menerima sel EAC dan jintan hitam tetap normal tanpa pembentukan tumor apa pun. Ini menjunjukkan jintan hitam 100% efektif mencegah perkembangan sel-sel tumor limfoma.
  • Kanker mulut Para peneliti di China Medical University di Taiwan menemukan bahwa ekstrak thymoquinone membunuh sel-sel kanker mulut.
  • Melanoma jamak (kanker kulit) – Para peneliti menunjukkan bahwa penghambat proteasone (dulu dikenal sebagai PS-341) memicu aktivitas antitumor pada sumsum tulang.
  • Kanker kulit (Squamous Cell Carcinoma) – Jintan hitam telah terbukti menunjukkan berbagai dampak antikanker terhadap berbagai jenis sel abnormal dan dampak terhadap sel kanker kulit. Sel-sel kanker kulit ini mempengaruhi lapisan epidermis pada kulit dan dapat menyebar dan menyerang jaringan sekitarnya. Ekstrak jintan hitam telah terbukti efektif melawan sel-sel kanker kulit jenis ini dalam penelitian in vitro (menggunakan sel-sel kanker kulit manusia yang dibiakkan dalam laboratorium). Studi ini menemukan bahwa ekstrak jintan hitam yang aktif (thymoquinone) menghambat penyebaran sel-sel kanker dan mematikan sel-sel kanker itu. Minyak jintan hitam bisa dioleskan pada kulit dan diminum.
  • Terapi terpadu – Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa biji atau minyak jintan hitam dapat mengurangi efek samping racun yang disebabkan oleh beberapa obat kemoterapi lain seperti cisplatin dan doxorubicin.
  • Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, anak-anak yang menderita tumor otak yang diberi 5g biji jintan hitam per hari mengalami infeksi dan demam 10 kali lebih sedikit setelah penanganan kemoterapi mereka. Anak-anak ini juga menjalani rawat inap lebih singkat daripada teman-temannya yang tidak diberikan jintan hitam.

 

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Melindungi ginjal dan liver dari keracunan penyakit atau bahan kimia.
  • Dari penelusuran literatur dan pengamatan kami selama ini, habbatussauda mampu menyembuhkan komplikasi penyakit parah yang disebabkan a.l. diabetes, darah tinggi, stroke, reumatik, osteoartritis, osteoporosis, parkinson, Alzheimer, obesitas, asam lambung, gangguan saraf, termasuk saraf tulang belakang dan nyeri tulang belakang, pendengaran, ginjal, dan liver.
  • Habbatussauda juga mampu memperlancar menstruasi, mengatasi menstruasi yang tidak teratur, menanggulangi nyeri haid, meningkatkan air susu ibu, dan meningkatkan kesuburan pria.
  • Berbagai studi in-vitro jintan hitam menunjukkan khasiat meningkatkan kesuburan (fertilitas) dan kesehatan organ-organ reproduksi dan sistem reproduksi, termasuk efisiensi reproduksi serta meningkatkan kadar hormon androgen. Jintan hitam juga meningkatkan gerakan sperma melalui pengaruh terhadap enzim dan meningkatkan pula kualitas sperma. Peran jintan hitam dalam meningkatkan kesuburan tampaknya disebabkan oleh dampak antioksidan dan dampak perbaikan kadar rendah lipid abnormal dalam darah.
  • Memperbaiki benih abnormal pada pria kurang subur tanpa efek samping.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma, termasuk konsentrasi sperma dan daya sperma mencapai sel telur perempuan.
  • Mengatasi gangguan atau masalah rahim.
  • Melindungi organ dan ginjal dari kerusakan saraf sebagai komplikasi serius akibat diabetes. Mengurangi kadar gula darah puasa dan mengurangi resistensi insulin.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Karena berciri antiseptik, jintan hitam melindungi jaringan hidup, termasuk jaringan di otak.
  • Mengatasi serangan iskemik sesaat (Transient Ischemic Attacks, TIA), yaitu gangguan fungsi otak sebagai akibat berkurangnya aliran darah ke otak untuk sementara waktu.
  • Menyembuhkan kerusakan otak akibat keracunan.
  • Mengatasi depresi ringan.
  • Menyembuhkan asma dan bronkitis yang sering mengganggu anak-anak.
  • Mengatasi radang hidung dan tenggorokan yang sering mengganggu anak-anak.
  • Menyembuhkan luka lambung dan kepala sakit.
  • Mengatasi edema atau retensi (tersimpannya) kelebihan cairan di luar sel dan pembuluh darah.
  • Memperlancar pencernaan, menyembuhkan sindrom gangguan usus.
  • Membantu proses penyembuhan penderita Alzheimer dan parkinson.
  • Menyehatkan pankreas dan liver.
  • Karena berciri antioksidan, melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.
  • Menyembuhkan kista di rahim.
  • Membantu tubuh meregulasi atau menormalisasi sistem kekebalan tubuh atau menenangkan sistem kekebalan yang overaktif (immunomodulation).
  • Menyembuhkan emfisema atau sejenis penyakit paru-paru kronis.
  • Kombinasi jintan hitam dengan bawang putih, jahe, lemon, dan madu mampu menyembuhkan anekapenyakit lain, terutama infeksi paru-paru atau pneumonia, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), epilepsi, sembelit (wasir), gangguan perut, eksim, ketombe, abses (luka bernanah), bisul, kapalan, kerusakan gigi, gigitan ular, sembab (edema, kelebihan cairan tubuh), keracunan logam berat atau timbal, konyungtivitis, kuman pada kulit dan hidung atau methicillin-resistant (MRSA), luka lambung, nyeri otot (sakit punggung), saraf terjepit, gangguan atau kehilangan pendengaran, termasuk tinnitus, dengung telinga yang berasal dari otak, kerontokan rambut, sesak napas, radang testis, disentri, lupus, hepatitis, dan tiroid atau gondok.

 

7. Paprika (Capsicum annuum L.)

Tumbuhan paprika

.

Buah paprika

Kandungan

Paprika yang termasuk dalam keluarga cabai ini kaya vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B. Khususnya vitamin B6. Paprika mengandung flavanoid yang berfungsi antioksidan dan nutrisi esensial capsaicin yang berfungsi antibeku darah.

Paprika mengandung zat besi, serotonin dan norepinefrin.

Paprika mengandung 4 karotenoid cryptoxanthin, yaitu beta, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin yang mengubah cahaya menjadi visi. Lutein dan zea-xanthin mengurangi risiko degenerasi makula yang berhubungan dengan usia dan katarak.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Antialergi
  • Menghentikan pendarahan, styptic
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Paprika dapat memperbaiki dan menghilangkan jaringan tubuh yang dirusak oleh sel-sel kanker sehingga sel-sel kanker tidak menyebar ke seluruh tubuh.
  • Membantu menyembuhkan dan mencegah kanker. Kandungan capsaicin pada paprika dapat mengubah jalur sinyal yang membatasi pertumbuhan kanker dan bahkan menekan gen yang memberi tahu tumor untuk meningkatkan ukurannya.
  • Dalam sebuah penelitian awal di Jepang menemukan bahwa capsaicin pada paprika yang berciri antiradang manjur melindungi tubuh kita dari terkena kanker lambung.
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa paprika dapat menyembuhkan kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker kulit, kanker leukemia, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker usus, kanker usus.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Paprika kaya vitamin C, A, dan B yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mencegah penyakit katarak pada mata.
  • Menjaga daya tahan tubuh karena paprika kaya kandungan vitamin C sehingga kita mampu bertahan dari serangan penyakit.
  • Karena ciri antioksidan, paprika mampu membuat kita terhindar dari dampak radikal bebas.
  • Mencegah kolesterol jahat dan memperkuat kolesterol baik untuk melawan kolesterol jahat.
  • Mencegah diabetes tanpa perlu khawatir kandungan glukosa pada paprika yang tidak akan menaikkan kadar gula darah.
  • Kandungan vitamin C pada paprika mencegah berbagai penyakit pada rongga mulut, termasuk sariawan.
  • Menyehatkan sistem saraf sehingga tidak mudah membuat kita depresi atau tegang. Bisa merasa lebih santai dan tenang berpikir dan menyegarkan otak. Paprika meningkatkan serotonin dan norepinefrin tubuh yang dapat membebaskan seseorang dari stres.
  • Menyehatkan kulit, melembabkan kulit, mencerahkan kulit. Paprika membatasi produksi  melanin sebagai penyebab kulit lebih gelap. Paprika diperkaya dengan  vitamin, zat besi, dan beta-karoten, yang mencegah bintik-bintik pada kulit karena faktor usia.
  • Antipenuaan dini. Paprika kaya beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin A yang berperan memelihara kesehatan kulit, dengan mencegah keriput dan membuat kulit lebih cerah.
  • Meredakan nyeri karena radang.
  • Mencegah dan menyembuhkan varises.
  • Merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Kandungan vitamin B6 pada paprika membantu produksi melanin, pigmen yang memberi warna kepada rambut.
  • Ciri antiradang paprika bermanfaat bagi penderita penyakit autoimun dan peradangan. Ciri ini mengurangi pembengkakan yang disebabkan artritis, nyeri tubuh, dan gejala sejenis lainnya.
  • Vitamin B6 yang merupakan koenzim amat penting mengaktifkan 100 enzim lain agar berfungsi sempurna. Ini memulai reaksi biokimia dalam tubuh yang menghasilkan energi, memasok glukosa sambil menghasilkan neurotransmitter dan hemoglobin. Kandungan zat besi paprika berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh dan sebagai komponen protein yang menghasilkan energi. Paprika berperan stimulan yang membantu pemulihan kondisi kelelahan, kelesuan, dan depresi. Kandungan vitamin A menjaga kesehatan mata. Paprika mengandung 4 karotenoid cryptoxanthin, yaitu beta, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin yang mengubah cahaya menjadi visi. Lutein dan zea-xanthin mengurangi risiko degenerasi makula yang berhubungan dengan usia dan katarak.
  • Paprika memperlancar pencernaan dan menormalkan asam urat dalam perut.
  • Kandungan vitamin B6 membantu produksi hormon tidur melatonin dan mempertahankan sikulus tidur yang normal.
  • Sebuah protein antibakteri pada paprika menghambat perkembangan bakteri tertentu, seperti Salmonella dan E.coli yang masuk melalui makanan.

 

8. Bawang putih (Allium sativum)

Kandungan

Bawang putih mengandung minyak atsiri, allicin dan alliin, kalsium, saltivine, diallysulfide, alilpropil-disulfida, belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C.

Kandungan gizi pada bawang putih adalah: Selenium, mangan, seng, sodium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, vitamin C, folat, vitamin B6, asam pantotenat, niacin, riboflavin, thiamnine, beta-karoten, protein, lemak, serat, gula, dan karbohidrat.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Antialergi
  • Analgesik, menghilangkan rasa nyeri

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa kulit manggis digunakan untuk menyembuhkan kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mata, kanker mulut, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker perut, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker tulang, dan kanker usus.
  • Bawang putih dan juga jahe digabungkan dengan kunyit akan efektif menyerang sel-sel kanker karena kunyit memaksa sel-sel kanker melakukan bunuh diri.
  • Studi-studi awal dengan manusia menunjukkan bahwa konsumsi teratur bawang putih dapat mengurangi risiko terserang beberapa jenis kanker. Beberapa studi menggunakan banyak bahan herbal sehingga sulit menentukan apakah bawang putih sendirian memainkan peran penting dalam mencegah kanker.
  • Allicin sebagai unsur aktif pada bawang putih diketahui memiliki efek antikanker. Allicin tampaknya membunuh sel-sel kanker limphoma dan jenis-jenis kanker lain. Pada tahun 2013 Dr Jiang melaporkan bahwa kombinasi sinergis Artesunate (diturunkan dari artemisinin) dengan allicin meningkatkan dampak antikanker terhadap sel-sel kanker tulang dalam penelitian in vitro dan in vivo.
  • Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Provinsi Jiangsu, China, menganalisis data 1400 pasien kanker paru-paru dan 4500 orang dewasa yang sehat. Mereka membandingkan gaya hidup peserta sehat dan pasien dengan kanker paru-paru, baik pilihan makanan hingga gaya hidup sehari-hari. Mereka menemukan, bahwa peserta yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu, 44 persen lebih kecil kemungkinan terkena kanker paru-paru.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Di zaman dulu, bawang putih dipercaya mengusir vampir (pengisap darah). Atlet Yunani makan bawang putih sebagai perangsang sebelum bertanding. Menurut cerita rakyat Mesir, bawang putih menangkis “mata roh jahat”. Bawang putih dijuluki lemari obat karena berkhasiat menyembuhkan banyak sekali penyakit, mulai dari flu, infeksi kulit, jerawat sampai menyembuhkan sakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah, kadar kolesterol tinggi, dan menyembuhkan gangguan reumatik. Bawang putih adalah satu tanaman obat yang terbukti menunjukkan begitu banyak manfaat sehingga dijuluki “umbi seribu khasiat”.

  • Mengunyah bawang putih mentah tiap hari dapat menambah kekuatan
  • Menjaga kadar kolesterol normal
  • Dapat membunuh beberapa jenis bakteri yang amat berbahaya dan bandel
  • Bawang putih disebut  “penisilin orang miskin.” Ia memerangi kuman-kuman tertentu yang tak dapat diperangi penisilin. Tidak seperti penisilin yang tak dapat anda peroleh tanpa resep dokter karena efek sampingnya yang serius, bawang putih tidak berbahaya. Anda dapat memakannya dengan aman dan kekuatan membunuh kuman bertahan selama 10 jam dalam darah. (Lihat http://adamsey.hubpages.com/hub/Heal-yourself-with-garlic)
  • Merupakan antibiotik yang membunuh bakteri dan melancarkan pencernaan
  • Merupakan antioksidan luar biasa yang dapat mengurangi radikal bebas yang berbahya dalam tubuh.
  • Menjaga sel darah tetap sehat sekali pun ada macam-macam zat pengotor seperti timah, merkuri, tembaga, dan aluminium.
  • Menjaga peredaran darah yang sehat
  • Menjaga tekanan darah tetap rendah
  • Meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah kapiler kuku di sekitar kuku jari tangan
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke pembuluh daerah arteri pada mata
  • Membunuh parasit-parasit pada manusia, termasuk entamoebam histolyca, dan guardia lambia
  • Melindungi tubuh dari keracunan logam berat
  • Merangsang keluarnya getah pencernaan
  • Menghindarkan masuk angin

  • Membunuh bakteri penyebab infeksi kulit, paru-paru, tenggorokan, dan mulut.
  • Merangsang tumbuhnya sel-sel pembunuh alami dalam tubuh
  • Setengah bawang putih sehari cukup untuk menjaga kadar kolesterol normal
  • Mencegah sakit perut dan membantu mengatasi diare.
  • Baik untuk penderita diabetes karena bawang putih membantu menormalkan kadar lemak yang tidak terkontrol.
  • Bagi penderita diabetes, bawang putih membersihkan darah dari kelebihan gula. Salah satu perlakuan adalah makan bawang putih tiap hari. Sebuah jurnal medis Inggris menulis bahwa bawang putih itu baik untuk memurnikan darah dari kelebihan gula.
  • Bawang putih memulihkan seseorang dari batuk dan infeksi kerongkongan hanya beberapa menit, lebih cepat dari Vitamin C dan penyembuhannya lebih permanen. [Sumber: http://adamsey.hubpages.com/hub/Heal-yourself-with-garlic]
  • Perangsang dan pembersih usus.
  • Menghentikan diare yang bersifat mikroba (kuman).
  • Digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan anus dan dubur (anal), seperti menghentikan disentri.
  • Berguna untuk urat saraf.
  • Membasmi pembusukan (kerusakan) pada perut.
  • Bawang putih yang dicampur dengan susu rayeb (yogurt) bermanfaat membasmi batu ginjal dan meringankan mules pada ginjal.
  • Mengurangi kadar lemak dan kolesterol pada darah, menekan tekanan darah, mengurangi tekanan darah tinggi, mengaktifkan detakan hati, merangsang sirkulasi darah, dan mengobati pembekuan pembuluh darah.
  • Mencegah terbentuknya cadangan lemak di pembuluh nadi koroner.
  • Bawang putih yang dicampur dengan parsley (sejenis seledri), minyak zaitun, dan jus jeruk nipis, kemudian diminum sebelum sarapan pagi, dapat membasmi batu ginjal.
  • Bawang putih berkumpul dengan asam polic, saluran kencing, dan mengobati penyakit encok.
  • Membasmi radang persendian dan mengobati lemahnya alat-alat pencernaan.
  • Mengobati wasir (ambeien) dan pembekuan pembuluh darah.
  • Mengobati kekurangan cairan.
  • Membasmi berbagai jenis cacing, seperti cacing entrobius vermicularis dan amuba.
  • Digunakan untuk pengobatan dan meredam penyakit telinga.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.
  • Mencegah infeksi.
  • Mengobati tenggorokan yang gatal.
  • Mengobati gejala-gejala flu.
  • Meningkatkan energi tubuh.
  • Mendukung kondisi kesehatan yang baik.
  • Merangsang sistem kekebalan (imunitas) tubuh.
  • Mengusir parasit, cacing.
  • Bawang putih telah terbukti dapat mengatur kadar kortisol sehingga mampu meningkatkan testosteron sehingga dapat meningkatkan libido pria.
  • Bawang putih digunakan untuk memulihkan disfungsi ereksi pada orang lanjut usia. Bawang putih mengandung alisin sebagai kandungan alami yang meningkatkan sirkulasi darah dengan mendorong aliran darah. Selain itu, konsumsi dua siung bawang putih tiap hari meningkatkan produksi hydrogen sulphide dalam tubuh. Kadar hydrogen sulphide yang memadai membantu merilekskan pembuluh arteri dan pembuluh-pembuluh darah lainnya. Sirkulasi darah yang tepat dan pembuluh-pembuluh darah yang rileks dapat secara efektif mengatasi masalah disfungsi ereksi.
  • Sejumlah studi in-vitro tentang khasiat bawang putih menunjukkan bahwa bawang putih dengan dosis yang tepat dapat meningkatkan enzim katalisator dan pemercepat reaksi kimia dalam tubuh dan melindungi testis dan melawan keracunan yang terjadi.

9. Ekstrak kulit manggis (dari Garcinia mangostana)

Pohon manggis (Garcinia mangostana) dipercaya berasal dari Indonesia, yaitu Kepulauan Sunda dan Maluku. Telah tersebar di Asia Tenggara, India barat daya, dan bahkan ke wilayah tropis lain, seperti Puerto Riko dan Florida di Amerika Serikat. Deskripsi tentang manggis terdapat pada buku Species Plantarum yang dikarang Linnaeus tahun 1753. Pohon manggis diperkenalkan melalui ditanam di rumah kaca di Inggris tahun 1855. Kemudian, budaya manggis diperkenalkan ke dunia Barat, sembari ditanam di pulau-pulau Hindia Barat, terutama Yamaika. Kemudian, menyebar ke Benua Amerika Latin di Guatemala, Honduras, Panama, dan Ekuador. Umumnya pohon manggis tidak tumbuh subur di luar wilayah tropis.

Buah manggis

Kulit manggis

Bagian yang digunakan: Kulit manggis.

Kandungan

Komponen:

Asam hydroxycitric adalah senyawa kimia yang disebut xanthone pada kulit manggis

Beberapa senyawa tampil aktif, terutama xanthone yang merupakan senyawa kimiawi unik di alam. Xanthone mengandung sistem aromatic tricyclic dengan variasi substituen phenolic, methoxy, dan isoprene. Sejumlah contoh xanthone pada buah manggis adalah mangostin, mangostenol, mangostenone A, mangostenone B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, mangostin alpha dan beta, garcinone B, mangostinone, dan mangostanol.

Kulit manggis juga mengandung oligomeric proanthocyanidins, procyanidins, bersama dengan sedikit unit prodelphinidin bersamaan dengan sejumlah kecil stereoisomers, afzelechin, epiafzelechin, catechin, epicatechin, serta gallocatechin dan epigallocatechin.

Selain itu, selain xanthone, buah dan kulit manggis mengandung asam tannic dan polysaccharides.

Buah manggis mengandung energi, karbohidrat, serat, lemak, dan protein. Buah manggis juga mengandung aneka vitamin, seperti thiamine (B1), riboflavin (B2), nicin (B3), asam pantothenic (B5), vitamin B6, folate (B9), dan vitamin C. Beragam mineral yang terkandung pada buah manggis adalah kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, potassium, sodium, dan zinc.

Bagian dalam kulit buah manggis mengandung susunan polyhpenols, termasuk xanthone dan tannin. Xanthone adalah senyawa anti-oksidan dan memiliki sifat-sifat fisiologis yang terdapat pada buah manggis, dan yang paling banyak terdapat pada bagian kulit buahnya. Selain pada buah manggis, xanthone juga terdapat pada tumbuhan berbunga dan tumbuhan dari keluarga manggis-manggisan.

Berdasarkan nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Cacity), yakni nilai yang menunjukkan kemampuan untuk melawan radikal bebas, buah manggis memiliki nilai tertinggi sebanyak 17000-20000, atau 8,3 kali buah jeruk, dan 66,7 kali wortel. Di alam, xanthone memiliki 200 jenis zat turunan dan 40 di antaranya langsung terdapat pada kulit manggis.

Senyawa turunan xanthone antara lain sebagai berikut: Garcinone A,  Garcinone B, Garcinone C, Garcinone D, Garcinone E, alfa-mangostin, beta-mangostin, gamma-mangostin, Mangostanol, Norathriol, Tovophyllin A, Tovophyllin B, Trapezifolixanthone, Garicidon A, Garcinidon B, Garcinidon C, BR-xanthone A, BR-xanthone B, Bezoquinon Atrovirinnon, Calabaxanthone, Garcimangosone A, Garcimangosone B, Garcimangosone C, 1-isomangostin, 3-isomangostin, 1-isomangostin hydrate, 3-isomangostin hydrate, Gartanin, Demethylcalabaxanthone, Mangostenon, Mangostanin, Malcorin, Mangostano, Mangostin, Mangostinone, Mangostinone A, Mangostinone B.

Selain itu, kulit buah manggis kaya dengan polyphenol, seperti polyphenol terkondensasi, polyphenol yang terhidrolisasi, dan flavonoid.

Ciri farmakologis

Buah manggis mengandung zat antikanker dan tumor, antibakteri, antivirus,termasuk anti-HIV,  antijamur, antialergi, antiradang, antiseptik, antioksidan, antimalaria, antidepresi, antikejang, antikoagulan atau antibeku darah, antiobesitas, dan menghentikan pendarahan atau styptic.

Ke-40 jenis dan turunan xanthone pada kulit manggis melakukan beragam fungsi biologis khusus. Misalnya, mangostin alpha berperan sebagai agen antioksidan, mangostin gamma berperan sebagai agen antiradang, dan garcione E berperan sebagai agen antitumor.

Alfa-mangostin berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker,dan garcinone memiliki sifat sitotoksik (penghancur sel) terhadap sel kanker sehingga mampu membunuh sel kanker.

Mangostin alpha dan mangostin beta juga terbukti secara ilmiah dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, disentri, tifus, dan bakteri penyebab TB (tuberkulosis).

“Of these, mangostins have been mostly reported for their remarkable biological activities such as anti-oxidant(Williams et al., 1995), anti-HIV (Chen et al., 199

6), anti-fungus (Gopalakrishnan et al., 1997), anti-allergy(Chairungsrilerd et al., 1998), anti-bacterial (Sakagami etal., 2005), anti-malarial (Mahabusarakam et al., 2006),anti-cancer (Nagakawa et al., 2007), and anti-inflammation (Tewtrakul et al., 2009).” (Nongporn Hutadilok-Towatana et al, “Acute and subchronic toxicity evaluation of thehydroethanolic extract of mangosteenpericarp” pada Journal of Medicinal Plants Research Vol. 4(10), pp. 969-974, 18 May, 2010).

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Alfa-mangostin berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker,dan garcinone memiliki sifat sitotoksik (penghancur sel) terhadap sel kanker sehingga mampu membunuh sel kanker. Uji laboratorium sejauh ini menunjukkan bahwa xanthone, misalnya, pada ekstrak buah dan kulit manggis dapat melakukan aktivitas melawan beberapa jalur sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker liver (hati), dan leukemia (kanker darah). Selain itu, para ahli di universitas di China tahun 2009 melaporkan, manggis mampu membasmi dan menghambat perkembangbiakan sel kanker leukemia (kanker darah).
  • Lynn Stephenson menunjukkan khasiat manggis, terutama kulitnya untuk mengobati tumor dan kanker pada artikel yang diterbitkan pada Biofiles Vol. 8, No. 6. Sumber: http://www.sigmaaldrich.com/technical-documents/articles/biofiles/traditional-medicinals-and-cancer.html
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa kulit manggis digunakan untuk menyembuhkan kanker dubur atau rektum, kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker perut, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tulang, dan kanker usus.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Berabad-abad manggis digunakan di Thailand untuk menyembuhkan diare, disentri, infeksi kulit, dan eksem. Di India digunakan untuk menyembuhkan disentri kronis, diare, masalah asam lambung, gout, dan infeksi saluran kemih. Di Filipina digunakan untuk menyembuhkan demam, infeksi jamur, diare, disentri, dan gangguan kemih. Di Malaysia digunakan untuk mengobati sakit perut dan diare. Di China digunakan untuk mengatasi keluhan perut.
  • Buah manggis diolah menjadi berbagai produk dan khusus kulit manggis yang biasanya dibuang ternyata dapat digunakan dalam pengobatan tradisional, seperti mengobati penyakit kulit, luka, diare, disentri, dan infeksi saluran kemih.
  • Penelitian tentang khasiat kulit manggis telah dilakukan di berbagai negara. Khasiat tersebut terletak pada kandungan senyawa antioksidan kompleksnya, yaitu xanthones. Namun, baru awal abad ini dilakukan ekstraksi kulit manggis dan diproses lanjut menjadi produk suplemen kesehatan.
  • Salah satunya adalah jus xanthone, jus yang banyak dijual di tempat penjualan buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Serta, dapat mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat jus xanthone ini telah terbukti, telah banyak orang yang mengkonsumsi dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jus xanthone ini terbuat dari konsentrasi jus buah (keseluruhan bagian buah manggis), bunga roselle, apel, anggur, dan bahan pengawet digunakan madu murni sehingga terbebas dari bahan kimia.
  • Buah manggis dapat diolah menjadi herbal cair yang dapat digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.
  • Studi tentang kinerja antioksidan dan antiracun ekstrak manggis serta khasiat mencegah kerusakan saraf penyandang Alzheimer ditunjukkan oleh hasil riset terbitan tahun 2010, yang dilakukan Department of Microbiology, Faculty of Pharmacy, Mahidol University, Bangkok, Thailand; Department of Biochemistry, Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand; Medical Proteomics Unit, Office for Research and Development, Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand; Institute of Biological Chemistry and Genomic Research Center, Academia Sinica, Taipei, Taiwan; dan Institute of Biochemical Sciences, College of Life Science, National Taiwan University, Taipei, Taiwan.
  • Studi tentang khasiat antioksidan ekstrak kulit manggis dan laporan hasilnya diterbitkan tahun 2006. Yang melakukan riset ini adalah Division of Medicinal Chemistry and Pharmacognosy, The Ohio State University, Columbus, Ohio, Amerika Serikat.
  • Laporan studi tentang khasiat antiradang ekstrak manggis, khususnya terhadap jerawat diterbitkan tahun 2007. Yang melakukan riset ini adalah Mahidol University, Rachathevi, Bangkok, Thailand.

Laporan studi tentang khasiat xanthone manggis terhadap penyakit jantung diterbitkan tahun 2007. Yang melakukan riset ini adalah Centre for Advanced Studies in Botany, University of Madras, Guindy Campus, Chennai, India.

 

10. Jahe (Zingiber Officinale; bahasa Inggris: ginger)

.

.

Jahe (halia)

Kandungan

Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, shogaol, filandrena, dehydrogingerdione, dan resin pahit. Jahe mengandung karbohidrat, energi, protein, fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin A, B1, C.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Anti-peradangan
  • Penangkal bakteri, kuman, dan virus
  • Anti-penggumpalan darah
  • Penahan rasa sakit (analgesis)
  • Pelancar aliran darah; mengurangi tekanan darah tinggi
  • Pemurni darah
  • Karminatif (mengeluarkan udara)
  • Antiobesitas
  • Penambah kekebalan / imunitas
  • Penghilang rasa mual
  • Pembakar / pengontrol lemak
  • Pelancar pencernaan dan metabolisme
  • Pencahar / pembuangan sisa limbah / peluruh batu ginjal dan batu empedu.

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Sebuah studi yang dilakuan Rajiv Gandhi Centre untuk bioteknologi di India menemukan hal menakjubkan tentang jahe. Para peneliti membandingkan bagaimana suatu zat pada jahe dengan obat kemoterapi Taxol, yaitu Paclitaxel. Secara khusus, mereka mengamati bagaimana dua zat mempengaruhi sel stem kanker payudara. Dengan menggunakan model 3 dimensi, mereka menemukan bahwa Taxol hanya berpengaruh sedikit terhadap sel stem kanker. Sedangkan, sebuah zat jahe, yaitu 6-Shogaol, tampak menyerang sasaran secara langsung. Inilah yang mendorong para peneliti menyimpulkan betapa hebat kemampuan jahe menyerang sel-sel kanker.
  • Jahe termasuk dalam urutan ke-13 bahan-bahan herbal yang mengandung antioksidan yang hebat. Ada beragam unsur minyak atsiri jahe meningkatkan rasa dan bau jahe, seperti gingerols, shogaols, dan zingerone. Minyak atsiri ini berciri antiparasit, antigungus, antibakteri, dan antivirus. Agen-agen ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan bahkan dapat menghancurkan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh manusia.
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa jahe dapat menyembuhkan kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mulut, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tulang, kanker usus, kanker usus.
  • Jahe dan juga bawang putih digabungkan dengan kunyit akan efektif menyerang sel-sel kanker karena kunyit memaksa sel-sel kanker melakukan bunuh diri.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Menyembuhkan sakit ginjal sebagai komplikasi diabetes. Riset ilmiah menunjukkan bahwa jahe menurunkan peroksidasi lipid, mengerem proses memburuknya kerusakan jaringan pembuluh kapiler di ginjal, dan meningkatkan kemampuan antioksidan plasma di ginjal.
  • Mengatasi kadar kolesterol (lemak darah) yang tinggi dan meningkatkan fungsi ginjal penderita diabetes.
  • Melindungi ginjal penderita diabetes agar tidak menurunkan fungsi ginjal yang dapat berakibat gagal ginjal sehingga harus menjalani cuci darah.
  • Mengatasi kelebihan lemak pada liver dan melindungi liver dari oksidasi radikal bebas.
  • Mencegah oksidasi radikal bebas dalam tubuh. Menetralkan radikal bebas. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  • Merangsang aktivitas saraf pusat.
  • Mencegah penggumpalan darah.
  • Memperkuat otot jantung. Dibandingkan berbagai bahan herbal penyembuh lain, jahe menunjukkan khasiat sinergi kemampuan pembuluh darah jantung dan pembuluh darah lainnya. Karena kehebatan kinerja antioksidannya, jahe amat bermanfaat meningkatkan kondisi kesehatan, termasuk memperkuat otot jantung dan menurunkan serum kolesterol jahat.
  • Jahe menghilangkan hambatan kolesterol pada pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan melindungi organ dari penyumbatan dan dampak merusak seperti aterosklerosis (penyumbatan). Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
  • Mencegah tersumbatnya pembuluh darah dan memperlebar pembuuh darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi).  Karena, jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Mengatasi pendarahan paru-paru.
  • Jahe meredakan kondisi radang jaringan tulang, sendi, dan tulang rawan, serta meningkatkan fungsi sendi.
  • Mencegah kemandulan; meningkatkan fungsi produksi.
  • Merangsang keluarnya air susu ibu.
  • Mencegah proses penuaan karena merangsang regenerasi sel kulit.
  • Merangsang nafsu seks. Jahe terkenal sebagai perangsang dan pendorong nafsu seks sepanjang sejarah pengobatan alami di India dan China sampai ke penerapannya yang lebih modern di Timur Tengah, Kuba, Indonesia, dan berbagai kawasan dan negara di dunia.
  • Berbagai studi in-vitro menunjukkan khasiat jahe untuk menyembuhkan gangguan pada testis, meningkatkan fungsi reproduksi, melalui bukti meningkatnya jumlah sperma, kualitas sperma, konsentrasi sperma, gerakan sperma, daya penetrasi sperma, jumlah hormon testosteron, dan berkurangnya radikal bebas yang merusak sistem reproduksi.
  • Menyembuhkan disfungsi ereksi.
  • Mencegah kemandulan; memperkuat daya tahan sperma.
  • Jahe kaya kandungan aneka-zat kimiawi membuat jahe bisa mengatasi ejakulasi prematur, merangsang aktivitas saraf pusat dan ereksi.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Jahe mengatasi gangguan pencernaan pada kontraksi lambung. Satu gram jahe menekan asam lambung dan sekresi (pengeluaran), mencegah limbung, rasa muntah, dan nyeri perut.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Merangsang nafsu makan.
  • Jahe mampu merangsang selaput lendir perut besar dan usus dan mengurangi rasa sakit.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
  • Menyembuhkan influenza.
  • Mendorong produksi getah bening.
  • Menjaga kekebalan tubuh.
  • Jahe digunakan secara intensif untuk mengobati penyakit reumatik, radang sendi, kaku sendi, dan asam urat. Dianjurkan untuk mengobati tekanan darah tinggi, ateroklerosis (penyumbatan pembuluh koroner), alergi hidung, bronkitis, asma, gangguan irama jantung, gangguan pencernaan, diare (muntah berak), perut kembung, dan nyeri perut. Digunakan juga untuk menurunkan berat badan.

 

11. Madu (Apis mellifera L; bahasa Inggris: honey)

Kandungan

  • Madu merupakan campuran dextrose dan levulose.
  • Madu mengandung sukrosa, glukosa, dan fruktosa
  • Madu mengandung sekurang-kurangnya 31 zat gizi, 13 jenis mineral, dan 9 jenis vitamin, 6 jenis zat asam (acids), dan 4 enzim kunci.
  • Madu mengandung banyak enzim potensial yang menguntungkan seperti asam amino. Madu mengandung bee pollen, propolis, lilin lebah, dan nutrisi yang berasal dari tanaman dan tubuh lebah sendiri, di samping mengandung gula-gulaan.
  • Madu mengandung 35% protein dan protein itu terdiri dari separuh asam amino esensial.
  • Madu a.l. mengandung vitamin B Kompleks, vitamin C, D, E.
  • Madu mengandung energi yang berfungsi meningkatkan konsentrasi karbohidrat dan gula yang 2 x lebih manis dari gula pasir.

Ciri farmakologis

  • Antitumor dan antikanker
  • Antibakteri, virus, jamur
  • Penangkal infeksi
  • Antiradang
  • Anioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Peningkat imunitas
  • Pelancar pencernaan dan metabolisme
  • Pencahar
  • Pemulus kulit
  • Pelancar aliran darah
  • Antihipertensi atau pengatur tekanan darah
  • Penambah energi / stamina
  • Antikoagulan atau antibeku darah
  • Analgesik, pengurang rasa sakit
  • Antiobesitas
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Hentikan pendarahan, styptic

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Bukti kian berkembang bahwa madu mungkin berpotensi menjadi agen antikanker melalui beberapa mekanisme. Meskipun mekanisme ini belum sepenuhnya dipahami, berbagai studi telah menunjukkan bahwa madu memiliki dampak antikanker melalui intervensi pada banyak jalur signal sel, seperti jalur pembunuhan sel-sel kanker, jalur menghentikan penyebaran sel-sel kanker, jalur antiperadangan, dan jalur antimutasi gen. Madu memodulasi sistem kekebalan tubuh. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Mengapa gula bersifat karsinogenik (memudahkan terserang kanker), sedangkan madu yang pada dasarnya adalah gula malah menunjukkan sifat atau ciri antikanker. Madu dari berbagai sumber bunga mungkin menciptakan dampak yang berbeda. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang dampak positif madu terhadap pengobatan kanker.
  • Dalam berbagai tradisi pengobatan kanker suku-suku bangsa di berbagai belahan dunia, masyarakat menggunakan madu yang dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain yang telah terbukti menyembuhkan kanker. Ada testimoni yang menyatakan bahwa madu efektif menyembuhkan kanker, terutama kanker gastrik lambung, kanker rahim, dan kanker mulut.
  • Dalam terapi pasien kanker, pada umumnya tidak digunakan hanya madu, tetapi biasanya dikombinasi dengan bahan herbal lain. Sebagai contoh dikemukakan contoh 5 protokol, yaitu pertama kunyit dan madu, kedua jahe segar dan madu, ketiga kayu manis dan madu, keempat madu dan jintan hitam, dan kelima madu dan lidah buaya (aloe arborescens ). Lihat Honey Protocols for Cancer, pada http://cancercompassalternateroute.com/therapies/honey-herb-protocols-cancer/

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Madu pada kadar yang sesuai membantu proses penyembuhan sakit ginjal.
  • Madu digunakan untuk menyembuhkan ratusan penyakit, termasuk sebagai “obat” kumur dan penyembuh luka.
  • Sebagai penangkal infeksi, madu digunakan untuk mengobati kulit terbakar, gatal-gatal, eksim, ruam-ruam pada tangan, kaki, puting susu, dan kulit.·
  • Madu terbukti berasil mengatasi helicobacter pylori, luka bakar, luka pada pasien bedah caesar, katarak, dan kekeruhan kornea.
  • Membantu agar cepat tidur, menyembuhkan diare dan asma.
  • Menyembuhkan tukak lambung.
  • Mencegah kecapaian waktu berolahraga. Glukosa pada madu diserap tubuh dan segera berubah menjadi energi.
  • Menjaga kadar gula darah.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Madu membantu tubuh menyerap kalsium, yang membantu kesehatan otak. Madu membutuhkan kalsium untuk proses berpikir dan mengambil keputusan. Ini amat berguna untuk kesehatan otak anak dan menghmabat proses kepikunan penyandang Alzheimer.
  • Madu membantu daya ingat wanita setelah memasuki periode menopause.
  • Madu berciri antikejang dan membantu menyehatkan otot.
  • Madu mengurangi tensi darah, membantu penderita hipertensi (darah tinggi) dan sakit jantung koroner serta stroke.
  • Madu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang influenza dan batuk.
  • Menyembuhkan gatal pada kulit, sembuhkan infeksi dan luka, serta memuluskan kulit wajah.
  • Membantu mengatasi radang sendi atau artritis, rematik, dan osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.
  • Karena berciri antioksidan, melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.
  • Hasil percobaan pada orang yang mengkonsumsi larutan madu menunjukkan tingkat kolesterol, LDL, dan trigliserida secara total menurun.
  • Madu adalah bahan alami peningkat libido dan memiliki kemampuan meningkatkan kadar oksida nitrik dalam darah. Madu juga kaya vitamin B, E, dan zinc yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan dan kinerja seksual.
  • Berfungsi pencahar / pembuangan sisa limbah dan peluruh batu ginjal dan batu empedu.
  • Madu mengatur sekresi (pengeluaran) kelenjar dan meningkatkan metabolisme kalcium, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi anak-anak. Mempengaruhi gerakan usus dan mengurangi rasa sakit. Madu melancarkan saluran gastro-intestinal, merangsang sekresi pencernaan alami, mengontrol sekresi pencernaan alami, mengontrol HCI, dan meningkatkan proses pencernaan. Membawa efek perubahan generatif pada pembuluh darah dan jaringan penghubung, serta mempertahankan fungsinya. Madu memiliki nilai gizi tinggi yang memberi energi kepada otot-otot, terutama otot jantung dan organ vital. Membangun antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Sebagai zat anti-bakteri, madu menghalangi pertumbuhan bakteri karena kandungan antibodi dan imunitasnya. Sebagai zat anti-obesitas, madu mengendalikan kolesterol dan mengurangi berat badan.
  • Menyembuhkan gangguan gastro-intestinal seperti gangguan pencernaan, bisul perut, sembelit, ambeien, dan hilangnya nafsu makan.
  • Madu secara intensif digunakan untuk mengobati infeksi paru-paru, seperti bronkitis, pneumonia, influenza, kerongkongan gatal, dan pengobatan batuk kering.
  • Madu digunakan untuk mengobati gizi buruk, mengobati penyakit tulang, osteoporosis (pengeroposan), kelelahan, dan depresi.
  • Mengobati penyakit kardiovaskular, seperti darah tinggi, varises, dan penyempitan pembuluh darah.

 

12. Lemon (Citrus limon)

Pohon lemon

Buah lemon

Kandungan

Lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonin yang berefek kekebalan tubuh dan anti-infeksi.

Lemon adalah salah satu buah yang paling bergizi di dunia dan kaya vitamin C, sitrat, malat, kadar potasium tinggi dan kadar sodium rendah.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Peningkat imunitas
  • Penangkal infeksi
  • Penyembuh ginjal
  • Pelindung liver
  • Pelancar aliran darah
  • Antihipertensi atau pengatur tekanan darah
  • Pemulus kulit

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Lemon membuat tubuh bersifat alkalis (basa) yang membantu meningkatkan imunitas tubuh dan digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit, termasuk sakit kanker. Sel-sel kanker akan berkembang biak dalam tubuh yang bersifat asam (acid) dan sebaliknya sel-sel kanker itu akan tidak dapat bertahan hidup dalam tubuh yang bersifat basa atau alkalis. Berdasarkan pandangan ini, dapatlah dimengerti mengapa banyak pasien kanker mengkonsumsi lemon dalam perjuangan menyembuhkan sakit kankernya. Lihat LEMON KILLS CANCER CELLS… pada https://www.cancercompass.com/message-board/message/all,55424,3.htm
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa lemon digunakan dalam kombinasi dengan bahan-behan herbal lain dalam penyembuhan kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mata, kanker mulut, kanker otak, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tulang, dan kanker usus.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Karena lemon adalah salah satu buah yang paling bergizi di dunia dan kaya vitamin C, sitrat, malat, kadar potasium tinggi dan kadar sodium rendah, lemon amat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terutama, vitamin C pada lemon berperan penting menjaga terciptanya beragam tisu dan sel tubuh serta menjaga fungsi fisiologisnya agar tetap normal.
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah sering menyebabkan komplikasi besar dan faktor penting yang mempengaruhi prognosis dan harapan hidup pasien sakit ginjal. Karena lemon kaya vitamin C dan vitamin P, lemon membantu menguarkan elastisitas dan kekuaan pembuluh darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi hipertensi (darah tinggi) dan infark miokardial jantung secara efektif. Juga, lemon dapat meningkatkan fungsi pembersihan racun (detoksifikasi) ginjal.
  • Lemon adalah juga suatu antibiotik alami. Bagus untuk mencegah dan mengatasi menurunnya fungsi ginjal, peradangan, infeksi saluran kemih serta infeksi dan virus yang lain yang mudah menyebabkan penyakit ginjal.
  • Rentang normal kreatin serum adalah 44 – 133. Bila kadar kreatin lebih tinggi dari 133, itu berarti fungsi ginjal bermasalah dan bila lebih tinggi dari 451 itu berarti kondisi penyakit telah meningkat ke gagal ginjal. Cara paling efektif menurunkan kadar kreatin adalah meningkatkan fungsi ginjal melalui kemampuan mengeluarkan lebih banyak kreatin dari dalam darah.
  • Lemon adalah pemurni darah terbaik yang membantu menyingkirkan kotoran dan toksin (racun) dari aliran darah. Vitamin C pada lemon berperan melakukan detoksifikasi atau pembersihan racun dalam tubuh dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.
  • Makan sayuran dan buah segar atau minum jus sayur dan lemon dapat memasok beragam vitamin kepada pasien sakit ginjal dan membantu melindungi dan memperbaiki fungsi ginjal.
  • Berbagai studi terbaru menunjukkan bahwa lemon hijau mengandung satu komponen yang mirip dengan fungsi sebagai insulin dan dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan dengan demikian juga membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal.
  • Lemon meluruhkan batu ginjal.
  • Orang-orang zaman Mesir kuno percaya bahwa makan lemon dan minum jus lemon melindungi tubuh dari beragam jenis racun. Penelitian terbaru membenarkan kepercayaan ini. Lemon mengandung banyak zat mineral dan vitamin yang menyehatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang bakteri, virus, dan infeksi serta mengurangi berat badan berlebihan. Lemon memperlancar metabolisme dan aliran darah pengantar zat bergizi dan membantu mengurangi kadar kolesterol.
  • Lemon mampu menjaga agar sistem vaskular darah tetap aktif dan menjaga agar tekanan darah terkendali, normal.
  • Lemon memperkuat pembuluh darah.
  • Lemon berciri antioksidan dan mengandung nutrisi yang membantu kinerja fungsi liver.
  • Lemon adalah tonik liver dan membantu pencernaan makanan dengan membantu liver memproduksi lebih banyak empedu.
  • Menyembuhkan penyakit hepatitis B.
  • Lemon adalah herbal alami yang efektif mengurangi berat badan bagi penyandang obesitas.
  • Asam sitrik lemon meningkatkan pencernaan sehingga membantu pengeluaran toksin (racun) dan sampah sisa pada usus.
  • Lemon membuat tubuh bersifat alkalis (basa) yang membantu meningkatkan imunitas tubuh dan digunakan untuk beragam penyakit, termasuk alergi.
  • Potassium pada lemon membantu mengatur tekanan darah dan ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta dapat mencegah hipertensi (darah tinggi).
  • Kadar pH yang rendah pada lemon membuat buah ini berciri antibakteri, virus, fungus, dll.
  • Lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonin yang berefek kekebalan tubuh dan anti-infeksi.
  • Meredakan demam.
  • Mengobati sariawan.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Memberi efek menenangkan.
  • Mengobati kulit kapalan.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Meningkatkan konsentrasi, kecepatan memproses, dan ingatan.
  • Menyehatkan hippocampus pada otak.
  • Karena berciri antidepresan, lemon menenangkan pikiran.
  • Lemon menyehatkan sistem saraf, termasuk saraf otak.
  • Lemon meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan pasokan oksigen ke dalam butuh, membuat tubuh bersifat basa atau alkalis, dan semuanya ini meningkatkan fungsi atau kinerja otak.
  • Lebih dari buah-buahan lain, lemon mengandung konsentrasi ion negatif yang lebih murni. Ion negatif meningkatkan aliran oksigen ke otak, dan dampaknya meningkatnya kesigapan (alertness), mengurangi rasa mengantuk, menambah energi mental, dan melindungi tubuh dari serangan virus.
  • Potassium pada lemon membantu otak dan sel saraf, meningkatkan konsentrasi, memproses kecepatan, meningkatkan ingatan, dan menenangkan pikiran. Lemon membuat otak bekerja cepat.
  • Karena berciri antioksidan, lemon melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.

 

13. TOMAT (Solanum lycopersicum)

Tomat (Solanum lycopersicum)

Kandungan

Tomat terutama mengandung lycopene. Tomat adalah satu sumber istimewa antioksidan, serat makanan, mineral, dan vitamin. Zea-xanthin

Tomat mengandung kadar vitamin A yang baik dan antioksidan flavonoid seperti karoten Alpha dan Betha, xanthin dan lutein.

Tomat juga adalah sumber antioksidan vitamin C yang baik (21% per 100 g).

Tomat segar amat kaya potasium. 100 g mengandung 237 mg potasium dan hanya 5 mg sodium. Tomat juga mengandung kadar B kompleks penting yang cukup, seperti thiamin, niacin, riboflavin, demikian pula beberapa mineral esensial, seperti zat besi, kalsium, mangan, dan elemen-elemen lainnya.

Tomat adalah satu buah rendah kalori, hanya mengandung 18 kalori per 100 g. Tomat juga rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Tomat adalah satu sumber istimewa antioksidan, serat makanan, mineral, dan vitamin.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit, humus
  • Antioksidan
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Alkaline, alkalis, basa

Khasiat

Untuk penyembuhan kanker:

  • Antioksidan tomat secara ilmiah ditemukan melindungi tubuh melawan kanker, termasuk tumor usus besar, prostat, payudara, endometrium dalam rahim, paru-paru, dan pankreas. Nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity atau kemampuan menyerap radikal oksigen) pada tomat adalah 367 µmol TE/100 g.
  • Lycopene, satu antioksidan flavonoid adalah sebuah komponen phytochemical yang unik yang ditemukan pada tomat. Varietas tomat merah cenderung mengandung lebih banyak antioksidan ini. Bersama caretonoids, lycopene membantu melindungi sel-sel dan struktur-struktur lain dalam tubuh manusia dari radikal bebas oksigen yang merugikan. Hasil studi menunjukkan bahwa lycopene melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan dengan demikian menawarkan pertahanan melawan kanker kulit.
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa tomat digunakan untuk menyembuhkan kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mata, kanker mulut, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker perut, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, dan kanker usus.

Untuk penyakit-penyakit lain:

  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Kandungan lycopene, satu antioksidan hebat pada tomat membantu melindungi sel dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang terjadi pada penderita Alzheimer.
  • Meningkatkan imunitas tubuh karena berciri antibakteri, virus, kuman, fungus.
  • Membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi (darah tinggi).
  • Menurunkan berat badan penyandang obesitas.
  • Karena berciri antioksidan, melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.
  • Mempertimbangkan semua kualitas tomat, ahli diet dan gizi sering merekomendasi tomat untuk mengontol kolesterol dan pengurangan berat badan dalam program diet.
  • Zea-xanthin adalah suatu kandungan flavonoid yang terdapat berlimpah pada sayur-mayur. Zea-xanthin membantu melindungi mata dari penyakit orang tua yang berhubungan dengan kehilangan progresif sel-sel retina, yang mengakibatkan kebutaan (“age-related macular related macular disease” atau ARMD). Perlindungan terjadi melalui penyaringan sinar ultraviolet.
  • Tomat mengandung kadar vitamin A yang baik dan antioksidan flavonoid seperti karoten Alpha dan Betha, xanthin dan lutein. Secara bersamaan, kandungan pigmen ini memiliki ciri antioksidan dan berperan dalam penglihatan malam hari, menjaga kesehatan lendir dan kulit serta tulang. Mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan alami yang kaya flavonoid membantu mencegah kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Tomat juga adalah sumber antioksidan vitamin C yang baik (21% per 100 g). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu butuh mengembangkan perlawanan terhadap agen-agen infeksi dan radikal bebas yang merugikan.
  • Tomat membantu mengontrol denyut jantung dan tekanan darah yang disebabkan oleh sodidum (garam).
  • Tomat, seperti semangka, kaya lycopene yang melancarkan aliran darah. Lancarnya aliran darah membantu meningkatkan kesehatan seksual. Jambu biji dan aprikot juga adalah sumber lycopene yang baik, tapi tomat adalah sumber lycopene yang terbaik.

Penyakit apa saja yang dapat disembuhkan sirup herbal Liber?

Tujuan utama pengembangan sirup herbal Liber adalah untuk membantu penyembuhan para penderita kanker.

Berdasarkan paparan dan uraian tentang khasiat mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis kanker dari bahan-bahan herbal yang digunakan dalam meramu sirup herbal Liber, berikut ini dikemukakan daftar jenis kanker yang dapat disembuhkan Liber.

Ciri-ciri farmakologis ini membuat sirup herbal ini mampu menyembuhkan anekajenis kanker (dan tumor), seperti: Kanker payudara: 15 dari 18 bahan cocok atau relevan dengan jenis kanker ini, kanker serviks atau rahim 16 bahan, kanker usus 16 bahan, kanker leukemia 14 bahan, kanker otak 10 bahan, kanker paru-paru 16 bahan, kanker prostat 15 bahan, kanker pankreas 10 bahan, kanker tulang 10 bahan, kanker ginjal 12 bahan, kanker liver 12 bahan, kanker mulut 12 bahan, kanker tenggorokan 5 bahan, kanker gastrik lambung 12 bahan, kanker getah bening 11 bahan, kanker kulit 13 bahan, dan kanker mata 6 bahan.

Data relevansi jenis kanker dengan jenis bahan ini berdasarkan hasil penelusuran testimoni banyak penderita kanker yang sembuh dengan mengkonsumsi beragam jenis herbal, dari berbagai bangsa di berbagai negara di dunia. Data ini akan meningkat sesuai dengan perkembangan bacaan kami dan percobaan demi percobaan yang kami lakukan.

Andalan utama kami adalah testimoni kesembuhan dari berbagai negara. Ulasan ahli dan hasil riset lab seperti percobaan in vitro dan in vivo dengan tikus dan manusia menunjang kesaksian penderita kanker yang sembuh.

Apa saja ciri-ciri farmakologis (pengobatan) sirup herbal Liber?

Berdasarkan paparan dan uraian tentang ciri-ciri farmakologis bahan-bahan herbal yang digunakan dalam meramu sirup herbal Liber, berikut ini dikemukakan rekapitulasi ciri-ciri farmakologis Liber.

Penyakit-penyakit lain apa saja yang dapat disembuhkan Liber?

Berdasarkan paparan dan uraian tentang beragam kandungan, ciri farmakologis, dan khasiat tiap bahan herbal yang digunakan dalam meramu sirup herbal Liber, disusunlah daftar penyakit yang dapat disembuhkan Liber.

Berikut ini dikemukakan daftar penyakit dan jumlah bahan yang cocok atau relevan untuk jenis penyakit tertentu.

Kanker itu ibarat “singa”, raja hutan yang dapat ditaklukkan sirup herbal LIBER. Jelaslah Liber mudah menaklukkan beruang, banteng, hena, citah, komodo, buaya, anjing galak. Karena khasiat tiap bahan tidak hanya untuk menyembuhkan kanker dan tumor, anekapenyakit lain dapat disembuhkan sirup herbal ini. Dari ke-8 sirup herbal CV SANO, dari sekian banyak penyakit dan gangguan kesehatan yang tercantum pada daftar di atas, sirup herbal Liber ini cenderung lebih unggul untuk membantu penyembuhan penyakit Alzeimer, bronkitis, cacingan, penyakit Crohn’s (radang usus), darah tinggi, hormon dan sperma bermasalah, imunitas tubuh menurun, insomnia, jerawat, kolesterol, penyakit kulit dan eksem, sakit liver, lupus, malaria, gangguan penglihatan, mata, termasuk katarak dan glaukoma; obesitas, oksidasi radikal bebas, osteoartritis, artritis, rematik; osteoporosis, nyeri otot atau fibromyalgia, gangguan pernapasan, prostat, radang, termasuk radang ginjal, sirkulasi darah terhambat, sklerosis, sklerosis jamak dan sistemik (radang kronis sistem saraf pusat); stamina merosot, stroke.

Testimoni

Testimoni demi testimoni kesembuhan akan kami kumpulkan dan sajikan pada posting ini.

Berikut ini disampaikan dua testimoni yang telah ada.

Berita lanjut ibu 37 tahun di Depok mempertahankan kondisi sembuh kanker dengan Liber

Ibu A di Depok, Jawa Barat menderita kanker payudara selama 23 tahun, bahkan penyakit ini menimpanya sejak sebelum menikah. Meskipun demikian, ia bisa hamil dan melahirkan seorang anak.

Pernah ia menjalani pijat tradisional tapi terapi ini sama sekali tidak menyembuhkan. Ia pun pernah mengkonsumsi daun sirih, dan kemudian rebusan daun sirsak tapi terapi ini pun tidak menyembuhkan kankernya.

Sejak mengenal sirup herbal Sano, ia rutin mengkonsumsi. Setelah habis 7 botol, sakit asmanya sembuh dan syukurlah kistanya juga mengecil dan lenyap. Selain itu benjol pada payudaranya juga mengecil.

Selanjutnya, ia terfokus ke menyembuhkan kanker payudara yang belum tuntas sembuh. Sejak launching sirup herbal Fides, ia mencoba Fides. Berbeda dengan ibu-ibu yang lain yang bisa sembuh lebih cepat dengan Fides daripada dengan Sano, Ibu A tak kunjung sembuh.
.
Setelah terbit sirup herbal Xanthi, yang mengandung bahan ekstrak kulit manggis, ia pun beralih mengkonsumsi Xanthi. Namun, rasa sakit pada payudaranya tak kunjung sirna, walau frekuensi rasa sakit berkurang.

Setelah terbit sirup herbal Vigor, ia pun mencoba. Frekuensi rasa sakit kembali berkurang tapi ia belum sepenuhnya terbebas dari penyakit ini.

Waktu kami melakukan uji coba sirup herbal Fides, Ibu A langsung menjadi subjek percobaan. Sesudah launching Credo, ibu A rutin minum sirup herbal ini. Delapan dari 14 bahan Credo cocok atau relevan menyembuhkan kanker payudara.

Setelah habis 5 botol Credo, kondisi kesehatannya umumnya membaik. Rasa nyeri pada payudara sudah tidak muncul lagi. Ia jarang sakit karena kekebalan tubuh meningkat. Staminanya pun meningkat.

Kunci kondisinya adalah ia tidak boleh terlalu capek. Bila terlalu capek, masalah yang sering muncul adalah haidnya terganggu. Bisa berlangsung lebih lama dari biasanya. Secara umum dapat dikatakan bahwa sakit kanker ibu A relatif telah sembuh. Ia rutin minum Credo.

Saat terbit sirup herbal Liber yang bertujuan utama menyembuhkan anekasakit kanker, termasuk kanker payudara, ibu A langsung mencoba. Untuk kanker payudara, 15 dari 18 bahan Liber cocok atau relevan untuk jenis kanker ini.

Setelah 3 hari minum Liber, tiap hari 1 sendok makan langsung setelah bangun tidur di pagi hari, telapak kaki kanan sakit seperti tertusuk-tusuk. Namun, setelah beberapa hari rasa sakit itu menghilang.

Setelah 2 minggu minum Liber, kondisi kesehatannya membaik. Rasa nyeri haid, seperti orang mau melahirkan yang biasanya dia alami pada 3 hari pertama setelah mendapatkan haid, ternyata kali ini tidak dialami lagi. Kini Liber dikonsumsi untuk maintenance agar sakit kankernya tidak kambuh lagi.

Kunjungilah:

http://sanoherbal.id/web17/sbelen/2017/11/29/berita-lanjut-ibu-37-tahun-di-depok-mempertahankan-kondisi-sembuh-kanker-payudara-dengan-liber/

.

Liber mencegah flu, menyembuhkan gangguan pencernaan, dan meningkatkan kinerja jantung

Mas Agung di Sawangan, Depok

Mas Agung, 26 tahun, di Sawangan, Depok, Jawa Barat mengalami gejala terserang flu atau pilek. Ia minum Liber tiga kali, langsung tak jadi flu atau pilek.

Saya sendiri, 67 tahun, rutin minum Liber tiap hari setelah bangun tidur di pagi hari. Sejak launching sirup herbal Liber tanggal 10 November, telah 3 minggu saya konsumsi Liber. Waktu dua karyawan di rumah terkena flu saya tetap aman-aman saja, karena imunitas tubuhku oke.

Sebelumnya saya cukup lama sakit pencernaan yang disertai sembelit dan sembuh dengan minum Credo. Sekarang maintenance dengan Liber agar gangguan percernaan tidak kambuh lagi.

Barusan saya terkena diare karena salah makan makanan. Hanya sehari langsung sembuh.

Kinerja jantung juga oke karena seluruh 18 bahan cocok atau relevan untuk sakit jantung. Ini dinilai dengan berenang di kolam renang 2 x tidak cepat capek. Karena, 15 dari 18 bahan Liber cocok untuk meningkatkan stamina.

WANITA 30 TAHUN YANG TERSERANG KELUMPUHAN MINUM LIBER 3 HARI LANGSUNG BISA BERJALAN

Elisabeth Ua, 30 tahun

Kemarin hari Minggu, 3 Desember 2017,  saya diminta datang mendoakan saudari ini, namanya Elisabet Ua, usia 30 tahun, di Kabupaten Belu, Timor, NTT.

Ibu ini lumpuh secara tiba-tiba pada hari Sabtu, 2 Desember 2017. Kedua kaki dan tangannya tidak bisa digerakkan.

Saya mendoakan, mohon kesembuhannya. Waktu hendak kembali, saya teringat ada sebotol Liber di rumahku. Saya mengajak saudarinya, Aquilina, ikut untuk mengambilnya.

Heran bin ajaib. Minggu siang pasien ini langsung minum 1 sendok Liber. Setelah satu jam, tangan kanannya bisa digerakkan. Hari Senin pagi, satu jam setelah minum, kaki kirinya bisa digerakkan.

Pada hari Selasa, 5 Desember, dia minum satu sendok pada siang hari. Ia merasakan kedua kaki dan tangannya kuat, sehingga ia bisa bangun dan duduk, bahkan sudah bisa berjalan di dalam rumah, walau masih harus dipegang.

Dari segi medis, saya tidak tahu ini penyakit jenis apa, tapi yang jelas dia lumpuh dan tidak bisa mengatur diri sendiri.

Jarak rumah saya dengan pasien ini 45 menit perjalanan cepat dengan kendaraan. Berita kesembuhannya didapat lewat sms. Terima kasih, Pak Belen. Liber betul-betul membebaskan. Terima kasih juga kepada Yang Mahakuasa. Salam.

Berita lanjutan setelah seminggu:

Pak Belen, Ini foto Elisabeth Ua yang minggu lalu lumpuh, hari Minggu ini bisa sendiri ke gereja.

Ia ke gereja untuk bersyukur bisa berjalan lagi berkat kebaikan Tuhan lewat Liber yang dikonsumsi sejak hari Minggu lalu. Ini foto orangnya. Ia senang sekali. Semoga semakin banyak orang dibebaskan dengan Liber.

(Kiriman Pater Vincent Wun dari Nenuk, Kabupaten Belu, Timor, NTT)

.

ORANG MUDA 27 TAHUN ATASI OBESITAS DENGAN LIBER

Deo bersama Ella istrinya dan Hugo putra mereka

Deo, 27 tahun, di Bogor bingung dengan berat badannya yang terus bertambah. Ia terkena gejala obesitas.

Ia berusaha mengurangi frekuensi makan dan camilan tapi selalu gagal.

Sejak launching sirup herbal Liber ia langsung mencoba. Ia jadi sering buang air besar (BAB). Dan, yang menggembirakan, jika ia minum Liber di pagi hari ia terus merasa kenyang dan makan siang jadi tertunda. Namun, bila ia lupa minum Liber di pagi hari, Jam 11.00 ia sudah merasa lapar dan langsung makan siang.

Setelah habis 1 botol kecil isi 125 ml, berat badannya turun 3 kg, dari 95 kg turun jadi 92 kg.

Kini ia rutin minum Liber agar berat badannya terus menurun.

ANAK LAKI-LAKI 13 TAHUN TURUN BERAT BADAN 10 KG DENGAN LIBER

Anak lelaki, 13 tahun, kelas I SMP, di Jakarta Timur menyandang obesitas. Orang tuanya prihatin dan bingung karena pada usia sebelia itu berat badannya telah mencapai 130 kg.

Ia kurang suka berolahraga. Olahraga yang ia senangi adalah berenang. Tiap kali usai berenang selera makannya malah meningkat. Makan banyak. Hehehe.

Orang tuanya mendorong agar ia membatasi makan camilan dan memperpanjang waktu antar-makan. Namun, kurang efektif. Belum ditemukan kiat jitu menurunkan berat badan.

Akhirnya ia mencoba minum sirup herbal Liber. Lumayan berhasil setelah mengkonsumsi Liber 2 botol. Lubang ikat pinggang yang biasa dipakai adalah lubang yang terakhir, kini sudah bisa maju dua lubang ikat pinggang. Diperkirakan berat badannya turun sekitar 10 kg.

Kini ia rutin minum Liber. Diharapkan secara bertahap berat badannya bisa terus turun.

.

IBU 54 TAHUN SEMBUH DARI OSTEOPOROSIS & GEJALA OSTEOARTRITIS DENGAN LIBER

Ibu YM, 54 tahun, di Jatibening, Kota Bekasi selama satu tahun menderita osteoporosis. Tanda-tandanya adalah jari jempol dan jari tengah tangan kiri dan kanan kaku, bila dilipat berbunyi, dan kalau dibengkokkan lama baru kembali ke posisi semula.

Pernah diperiksa dokter dan disuntik tapi malah rasa sakit bertambah parah.

Kemudian, hulu tulang selangka kanan yang bersendi pada tulang dada (sternum) terasa membesar setahun ini disertai rasa nyeri. Selain itu, sendi-sendi pada lengan kiri terus-menerus terasa nyeri.

Diperiksa dokter ortopedi di sebuah rumah sakit terkenal di Jakarta Pusat dengan melakukan CT Scan dan ronzen dinyatakan menderita osteoporosis dan hanya baru tampak gejala osteoartritis.

Minum obat osteoporosis dan vitamin tulang yang diresepkan dokter selama sebulan ternyata rasa nyeri tak kunjung hilang. Setelah minum Liber satu bulan malah rasa nyeri hilang.

Selain itu dokter meresepkan obat osteoartritis namun setelah obat habis, rasa nyeri tulang kembali terulang. Kemudian, minum obat yang sama lagi dan dampaknya sama. Setelah obat habis, rasa nyeri kembali munbul. Lalu, Ibu YM beralih minum Liber dan bertahap rasa nyeri mulai hilang.

.

KINERJA JANTUNG BAPAK 67 TAHUN MENINGKAT BERKAT LIBER

Dua bulan kami minum Liber 1 x per hari, tiap pagi, langsung setelah bangun pagi. Sebagai pasien lama sakit jantung kami coba mengkonsumsi Liber untuk mengamati perkembangan kinerja jantung kami. Karena, seluruh 18 bahan herbal Liber cocok atau relevan untuk menyembuhkan beragam sakit jantung.

Kami tidak mengalami lagi sesak napas, rasa tertikam di dada kiri, dan stamina tubuh terasa meningkat.

Kencing juga belum lancar. Dugaan kami mungkin ada gangguan pada ginjal. Setelah rutin minum Liber kencing jadi lebih lancar. Dampaknya adalah tidak terjadi penumpukan cairan di rongga dada yang menyebabkan sesak napas.

Awal Februari kami terserang flu berat disusul batuk terus-menerus yang mendera. Khawatir jangan-jangan gejala-gejala ini akibat kondisi jantung yang tak beres, kami memeriksakan diri ke rumah sakit terkenal di Jakarta Barat.

Setelah dokter melakukan pemeriksaan EKG, ronzen, dan darah diperiksa di lab, hasil keseluruhan menunjukkan bahwa kondisi jantung saya oke, lebih oke dari sebelumnya.

Sakit yang kami alami hanyalah influenza karena terpapar virus dan batuk-batuk sebagai dampak alergi. Syukurlah.

Hasil pemeriksaan jantung S Belen

PEMBUATAN sirup herbal ini tanpa menggunakan zat pengawet, perasa & pewarna. Halal 100%.

GEJALA AWAL & PROSES PENYEMBUHAN 

Mungkin pengguna merasa pusing, mual, bahkan diare atau meriang, berkeringat, rasa mengantuk, sering buang angin, rasa lapar atau tetap kenyang. Ada yang merasa ulu hati sakit. Gejala awal berbeda pada tiap orang dan ada yang tak mengalami. Jika pengguna mengalami, itu pertanda ramuan sedang membersihkan racun (detoksifikasi). Bila diare, berhenti dulu guna mencegah dehidrasi. Setelah sembuh, mulailah minum lagi.

Gejala proses penyembuhan:

Sejak awal pengguna minum, proses penyembuhan langsung berjalan. Dalam proses penyembuhan, penderita kanker yang sakit maag / asam lambung mungkin merasa ulu hatinya nyeri atau sakit. Ini adalah pertanda ramuan ini sedang “membereskan” organ-organ yang sakit yang dapat disembuhkan. Ramuan ini bekerja seperti autopilot. Misal seorang penderita kanker tak tahu sedang sakit asma yang masih pada tahap awal sehingga belum mengganggu, ramuan ini akan sekaligus mengobati sakit asma.

ATURAN MINUM

Orang dewasa: 1 sendok makan biasa (tidak terlalu cekung) 1 x sehari.

Anak-anak: 1 sendok teh 1 x sehari.

Diminum pada pagi hari setelah bangun pagi waktu perut masih kosong. Kocok dulu sebelum minum!

Setelah minum, minimal setengah jam tidak boleh makan atau minum. Makin lama makin baik agar proses pengolahan dan peredaran ramuan ini selesai ke seluruh sistem tubuh.

Bila kondisi penyakit lagi parah atau terserang sakit yang lain, sirup herbal LIBER dapat diminum kali yang kedua menjelang tidur malam, asalkan 2 jam sebelumnya tidak makan dan minum agar perut relatif kosong. Sirup herbal ini efektif bekerja bila perut kosong.

Untuk penggunaan dari luar

Untuk penyakit atau gangguan tertentu, di samping minum LIBER, perlu ditunjang dengan penggunaan dari luar, dengan dioles atau digosok pada bagian yang sakit. Agar dapat meliput lebih luas dan merata, sirup ini dapat dicampur dengan sedikit minyak (minyak zaitun, kayu putih atau minyak goreng). Pengolesan atau penggosokan ini berlaku untuk penyakit atau gangguan:

  • Ambeien
  • Jerawat
  • Kulit, termasuk eksem
  • Luka
  • Nyeri otot

Jika masih mengkonsumsi obat dokter, diberi jarak waktu 2 – 3 jam setelah / sebelum minum LIBER.

Peringatan! Dilarang bagi wanita hamil & anak balita.

Karena sirup ini menggunakan bahan alami tanpa zat pengawet, perasa & pewarna, warna dan rasa bisa berbeda tanpa perubahan kualitas produk.

PENYIMPANAN

Simpan dalam kulkas atau di tempat sejuk. Sekali disimpan di kulkas harus tetap disimpan di kulkas sampai isi botol habis. Tidak boleh berganti-ganti disimpan di kulkas dan di luar.

Masa kadaluarsa 6 bulan.

Tanggal produksi pada botol adalah tanggal kadaluarsa dikurangi 6 bulan.

PRODUKSI: Rumah Herbal Jatibening CV SANO, Jatibening, Pondok Gede, Bekasi, Indonesia.

HARGA

Harga per botol yang ditentukan agen dan reseller lebih tinggi dari harga produsen untuk mengganti ongkos kirim, termasuk ongkos kurir, dan biaya promosi serta keuntungan sebagai balas jasa pelayanan. Walaupun harga lebih tinggi, secara keseluruhan harga per satuan botol yang dipatok agen dan reseller masih lebih murah dari biaya yang dikeluarkan konsumen yang memesan langsung, karena harus menanggung ongkos kirim, termasuk ongkos kurir. Agen dan reseller membantu mempercepat pelayanan dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan konsumen.

Kisaran harga eceran di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera (tidak termasuk Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh):

Berdasarkan ongkos kirim Agen Pahala Express Group Bus Pahala Kencana melalui transportasi darat, kisaran harga eceran 1 botol Credo volume 125 ml = Rp105 000 – Rp115 000.

Kisaran harga eceran di luar Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera yang dilayani penerbangan udara: Bervariasi tergantung ongkos kirim per kg = 3 botol kecil volume 125 mili dari distributor di Depok ke kota tujuan.

Pemasaran dibantu 120 agen di seluruh Indonesia.

Guna mendapatkan informasi lengkap, kunjungilah website dan link kami:

http://sanoherbal.id

sbelen.wordpress.com/liber

https://www.facebook.com/Sirup-SANO-1442545299377444/

Pemesanan kepada customer service kami pada Nomor Hp / WA 0813 8090 2316 di Jatibening, Pondok Gede, Bekasi

REFERENSI

10 Top Health Benefits of Kenikir Leaves (Cosmos caudatus), oleh back to nature, pada https://inetarticle.com/health-benefits-of-kenikir-leaves/

14 Khasiat Paprika untuk Kesehatan, 2016, pada https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-paprika/

15 Manfaat dan Khasiat Paprika untuk Kesehatan, pada http://www.khasiat.co.id/buah/paprika.html

7 Daftar Tanaman Obat Kanker dan Cara Menggunakannya, 2017, pada https://faktakanker.com/kanker-umum/pengobatan/daftar-tanaman-obat-kanker-dan-cara-menggunakannya

98% of these plants can kill cancer cells, 2016, pada https://dr-onlineid.blogspot.co.id/2016/11/98-of-these-plants-can-kill-cancer-cells.html

Beginilah 4 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Manusia, 2015, pada https://id-id.facebook.com/madubima99/posts/1731366020419763:0

Daun sirsak + daun nangka = kanker sembuh, pada https://sbelen.wordpress.com/2011/02/12/daun-sirsak-daun-nangka-kanker-sembuh/

Die wichtigsten Kräuter und Nahrungsmittel gegen Krebs, pada https://www.kraeuter-verzeichnis.de/kraeuter/die-wichtigsten-kraeuter-und-nahrungsmittel-gegen-krebs.shtml

Dr Axe, 10 Natural Cancer Treatments Revealed, 2015, pada https://draxe.com/10-natural-cancer-treatments-hidden-cures/

Dr Axe, 10 Natural Cancer Treatments Revealed, 2015, pada https://quantumleapjourney.com/2014/10/17/10-natural-cancer-treatments-revealed-dr-axe-article/

Dr Axe, Paprika: The Antioxidant-Rich Spice that Fights Disease, 2017, pada https://draxe.com/paprika/

Dr Axe, The Antioxidant-Rich, Immune-Boosting Benefits of Breadfruit, pada https://draxe.com/breadfruit/

Dr Axe, Wormwood: The Parasite-Killing, Cancer-Fighting Super Herb, pada https://draxe.com/wormwood/

Elisa von Grafenstein, Mit Wildkräutern gegen den Krebs, 2015, pada https://www.merkur.de/lokales/starnberg/landkreis/krebs-sti52706/wildkraeutern-gegen-krebs-572631.html

Evennett Karen, Khasiat Bawang Putih, 2003, Judul Asli Garlic, London: Sheldon Press, SPCK, 1998, alih bahasa L. Wijaya, Jakarta: Arcan

Fassa Paul, One man’s lung cancer death sentence permanently removed by honey and herbs, 2014, pada https://www.naturalnews.com/047693_lung_cancer_honey_herbal_medicine.html

Fusco Kaitlyn, Moringa Tree: Side Effects & Uses for Cancer Treatment, 2014, pada https://www.asbestos.com/blog/2014/10/24/moringa-leaves-alternative-cancer-treatment/

Gibt es eine Heilung für Krebs, Capsaicin Krebs zu heilen, pada https://www.delect.pro/gibt-es-eine-heilung-fr-krebs-capsaicin-krebs-zu.html

Ginger: Ten Thousand Times More Effective Than Chemo for Breast Cancer Stem Cells, 2017, pada https://beatcancer.org/blog-posts/ginger-ten-thousand-times-more-effective-than-chemo-for-breast-cancer-stem-cells

Gucciardi Anthony, Turmeric Spice Used by Woman to Overcome Cancer – Researchers Stunned, 2012, pada http://naturalsociety.com/woman-stuns-researchers-by-overcoming-cancer-with-turmeric-spice/

Hamizah, Sulaiman; Roslida, A.H.; Fezah, O.; Tan, K.L.; Tor, Y.S.; Tan, C.I., Chemopreventive Potential of Annona Muricata L Leaves on Chemically-Induced Skin Papillomagenesis in Mice, 2012, pada http://www.koreascience.or.kr/article/ArticleFullRecord.jsp?cn=POCPA9_2012_v13n6_2533

Healing Cancer Naturally with Nutrition and Alternative Therapies. Nigella Sativa, pada http://cancercompassalternateroute.com/therapies/nigella-sativa-oil/

Honey Protocols for Cancer, pada http://cancercompassalternateroute.com/therapies/honey-herb-protocols-cancer/

Jeffrev Dach, Artemisinin our Ultimate Cancer Weapon a Gift from China, 2016, pada http://jeffreydachmd.com/2016/02/artemisinin-our-ultimate-cancer-weapon-a-gift-from-china/

Jockers David, Ginger as an antioxidant and natural cancer fighter, 2016, pada https://www.cancertutor.com/ginger-antioxidant-natural-cancer-fighter/

Lemon  kills cancer cells… pada https://www.cancercompass.com/message-board/message/all,55424,3.htm

Lymphoma, pada http://www.naturallivingcenter.net/ns/DisplayMonograph.asp?StoreID=b571dewxvcs92jj200akhmccqa7w8v75&DocID=condition-lymphoma

McGough Rachel, Cancer Testimonials, pada https://sites.google.com/site/medsourcepro/cancer-testimonials

Moringa Oleifera – Das Nährstoffwunder, das Krebszellen zerstört und Diabetes stoppt, pada https://bewusst-vegan-froh.de/moringa-oleifera-das-naehrstoffwunder-das-krebszellen-zerstoert-und-diabetes-stoppt/

Phytochemical screening, anti-oxidant activity and in vitro anticancer potential of ethanolic and water leaves extracts of Annona muricata (Graviola), pada http://reset.me/study/study-moringa-induces-cancer-cell-death/

Pininta Ayunda, Rutin Makan Bawang Putih Cegah Kanker Paru, 2016 pada http://lifestyle.kompas.com/read/2016/09/15/212500523/rutin.makan.bawang.putih.cegah.kanker.paru

Ravi Teja Tadimalla, 16 Amazing Benefits Of Soursop For Skin, Hair, And Health, September 19, 2017 pada http://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-soursop-for-skin-hair-and-health/#gref

Richardson, Dale, Study: Moringa Induces Cancer Cell Death, 2016, pada http://reset.me/study/study-moringa-induces-cancer-cell-death/

Sarfraz Ahmed and Nor Hayati Othman, Honey as a Potential Natural Anticancer Agent: A Review of Its Mechanisms, Evid Based Complement Alternat Med. 2013, pada https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3865795/

Schwarzkümmel (Nigella Sativa): Ein Heilmittel gegen jede Krankheit, pada http://islamweb.net/grn/index.php?page=articles&id=164487

She-Hui Cheng dkk., Potential medicinal benefits of Cosmos Caudatus (Ulam Raja): A Scoping Review, 2015, pada https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746859/

Soheil Zorofchian Moghadamtousi, Mehran Fadaeinasab, Sonia Nikzad, Gokula Mohan, Hapipah Mohd Ali, dan Habsah Abdul Kadir, Annona muricata (Annonaceae) A Review of Its Traditional Uses, Isolated Acetogenins and Biological Activities, pada http://www.mdpi.com/1422-0067/16/7/15625/htm

Stephenson Lynn, Traditional Medicinals and Cancer, pada https://www.sigmaaldrich.com/technical-documents/articles/biofiles/traditional-medicinals-and-cancer.html

Testimonials, pada https://moringafarms.com/testimonial/

 

 

Leave a Reply